Kelayakan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Animasi Sketchup Pada Perhitungan Volume Dan Bahan Pekerjaan Kolom Di SMKN 1 Mojokerto
Feasibility Of Learning Devices With Sketchup Animation Media On Volume Celculation And Column Work Materials In SMKN 1 Mojokerto
Estimasi Biaya Konstruksi pada materi perhitungan volume dan kebutuhan bahan merupakan materi yang sulit bagi siswa SMK, karena kurangnya penggunaan perangkat pembelajaran dan media yang tervalidasi dan dorongan terhadap siswa agar dapat membayangkan pekerjaan struktur yang akan dihitung, sehingga materi akan dijelaskan dengan media yang berbasis 3 dimensi (3D) yaitu animasi sketchup. Penelitian memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dan media animasi sketchup. Pengambilan data validasi melalui pengisian angket oleh validator yaitu dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan guru SMKN 1 Mojokerto. Validator menilai melalui angket dengan skala pengukuran, yaitu 5 (sangat layak), 4 (layak), 3 (cukup), 2 (kurang layak), dan 1 (tidak layak). Data validasi kemudian dianalisis dan diinterprestasi pada skor penilaian yaitu 81%-100% (sangat layak), 61%-80% (layak), 41%-60% (cukup), 21%-40% (kurang layak), dan 0%-20% (tidak layak). Rata-rata presentase pada silabus adalah 94,29% dengan aspek perwajahan dan tata letak yaitu 96,67%, isi yaitu 92,22%, bahasa yaitu 100%. Rata-rata presentase RPP adalah 92,63% dengan aspek perwajahan dan tata letak yaitu 100%, isi yaitu 87,14%, skenario/ kegiatan belajar mengajar yaitu 90%, bahasa yaitu 100%, dan penilaian yaitu 100%. Rata-rata presentase soal evaluasi siswa adalah 96,60% dengan aspek perwajahan dan tata letak yaitu 97,50%, isi yaitu 95%, dan bahasa yaitu 97,50%. Rata-rata presentase media animasi sketchup adalah 81,25% dengan aspek materi yaitu 95%, ilustrasi yaitu 100%, kualitas dan tampilan media yaitu 90%, dan daya tarik yaitu 80%. ). Hasil validasi perangkat pembelajaran dan media animasi sketchup dikategorikan “sangat layak”.
Kata Kunci: media animasi sketchup, perangkat pembelajaran, validasi perangkat pembelajaraan.
Construction Cost Estimation on material calculation of volume and material needs is difficult material for vocational students, due to the lack of use of validated learning devices and media and encouragement towards students to be able to imagine the structural work to be calculated, so that the material will be explained with the help of 3-dimensional (3D) based media, namely sketchup animation. Research has the goal of knowing the feasibility of learning devices and sketchup animation media. The collection of validation data through the filling of questionnaires by validators is a lecturer of Surabaya State University and teacher of SMKN 1 Mojokerto. Validators assess through questionnaires by measuring scale, i.e. 5 (very feasible), 4 (feasible), 3 (sufficient), 2 (less feasible), and 1 (unfit). Validation data is then analyzed and interpreted on assessment scores of 81%-100% (very feasible), 61%-80% (decent), 41%-60% (sufficient), 21%-40% (less feasible), and 0%-20% (not feasible). The average percentage on the syllabus is 94.29% with the object of the face and layout at 96.67%, the content is 92.22%, the language is 100%. The average percentage of RPP is 92.63% with the object of the face and layout is 100%, the content is 87.14%, the scenario / teaching and learning activities is 90%, the language is 100%, and the assessment is 100%. The average percentage of student evaluation questions is 96.60% with the object of the face and layout is 97.50%, the content is 95%, and the language is 97.50%. The average percentage of sketchup animation media is 81.25% with material objects which is 95%, illustration is 100%, media quality and display is 90%, and attractiveness is 80%. ). The validation results of learning devices and sketchup animation media are categorized as "very feasible”.
Keywords: sketchup animation media, learning tools, validation of prison devices.