Pengembangan LKPD Simulasi Wave on String untuk Pembelajaran Gelombang Stasioner di SMA
The Development of Wave on String Simulation as Students Worksheet for High School Students on Stationary Wave Learning
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran Wave on String dan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), serta respon peserta didik terhadap materi gelombang stasioner, khususnya gelombang pada tali yang berupa efektivitas penerapan dan kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan model RnD (Research and Development). Metode penelitian yang diterapkan hanya sebatas pada mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran yang valid untuk diaplikasikan berdasarkan penilaian para validator. Pengaplikasian media pembelajaran ditujukan kepada 25 (dua puluh lima) peserta didik kelas XI di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo dengan mengaplikasikan Media Wave on String dan LKPD, serta memberikan pre test, post test, dan angket respon. Hasil penelitian yang diperoleh mengindikasikan tingkat kevalidan media yang dikembangkan sebesar 94.18% yang tergolong sangat valid, efektivitas pemberian pre test post test kepada peserta didik sebesar 80.03% yang tergolong efektif untuk meningkatkan hasil belajar, respon peserta didik terhadap efektivitas pengaplikasian Media Wave on String sebesar 86.67%, respon peserta didik terhadap efektivitas pengaplikasian LKPD sebesar 84.00% yang tergolong sangat praktis, serta hasil praktikum peserta didik menunjukkan hasil yang sangat relevan dengan teori-teori gelombang stasioner yang ada, sehingga Media Wave on String dan LKPD yang dikembangkan layak untuk diaplikasikan sebagai media pembelajaran gelombang stasioner, khususnya materi gelombang pada tali untuk peserta didik kelas XI SMA.
This research aims to describe the feasibility of Wave on String learning media and the feasibility of student’s worksheets, as well as students’ responses on stationary wave material, especially wave on string material in the form of effectiveness of the application and feasibility of the developed media. The method applied to this research was the developmental research method of RnD (Research and Development). The applied method was purposed to developing and producing applicable learning media according to validators’ assessments. The application of learning media is intended for 25 students at 2nd degree high school of SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo by applying Wave on String media and students’ worksheets, as well as giving pre test, post test, and questionnaire. The results of the research indicated media validity rate of 94.18% and classified as very valid, the effectiveness of pre test post test by 80.03% which is considered effective to improve learning outcomes, students’ responses to Media Wave on String and students’ worksheets by 86.67% and 84.00% which is classified as very practical, as well as the practical results of students relevant to the existing theories, so that the Media Wave on String and the students’ worksheets are eligible to be applied in the study of stationary wave on string materials for 2nd grade high school students.