HUBUNGAN ANTARA PROGRAM PARENTING DAN POLA ASUH ANAK USIA DINI DI UPTD SKB MAGETAN
RELATIONSHIP BETWEEN PARENTING PROGRAMS AND EARLY CARE PATTERNS AT UPTD SKB MAGETAN
Orang tua sebagai pelaku parenting education sudah menjadi kewajaran bila memiliki kemampuan dalam mendidik, mengasuh, merawat, dan memberikan kasih sayang. Anak yang memiliki tumbuh kembang sesuai dengan usia dan masa perkembangan maka akan menjadikan anak memiliki kemampuan dan kualitas untuk menjadi manusia masa depan. Pola pengasuhan orang tua yang baik dan sesuai dengan masa perkembangan anak merupakan langkah nyata orang tua dalam mempersiapkan anak menuju kedewasaan. Selain itu anak akan menjadi individu yang memiliki kepribadiaan secara sosial di masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan parenting education dan pola asuh anak usia dini di UPTD SKB Magetan. Penelitian ini menggunakan metode dan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Responden pada penelitian ini berjumlah 30 orang (wali murid). Sedangkan teknik pengumpulan data selama penelelitian dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Pada analisis data menggunakan rumus kolerasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan r hitung lebih besar dari r tabel (0,686>0,361). Sehingga hubungan kedua variabel termasuk dalam kategori kuat (interval 0,60-0,779), hasil uji signifikan t lebih besar t tabel (6,855>2,048) sehingga dapat di simpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara program parenting education dan pola asuh anak usia dini.
Kata kunci: parenting education, pola asuh, anak usia dini
Parents as actors parenting education has become fairness when it has the ability to educate, nurture, care for, and give love. Children who have age-appropriate growth and future developments will make children have the ability and the quality to become a man of the future. The pattern of good parenting and in accordance with the future development of children is a real step parents in preparing children to adulthood. In addition, children will be individuals who have a social personality in society. The purpose of this study to determine the relationship of parenting education and early childhood parenting in UPTD SKB Magetan. This study used quantitative research methods and approach to the type of correlational research. Respondents in this study were 30 (guardian). While data collection techniques for penelelitian using questionnaires and documentation. In the data analysis using product moment correlation formula. The results of this study indicate r count larger than r table (0.686> 0.361). Consequently, the relationship between the two variables included in the strong category (interval from 0.60 to 0.779), significant assay results greater t t table (6.855> 2.048) so it can be concluded there is a positive and significant relationship between parenting education programs and early childhood parenting .
Keywords: parenting programs, parenting, early childhood