Profil Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa dan Implementasi Model Inkuiri Bebas di SMA
Profile of Students’ Problem-Solving Skills and the Implementation of Free Inquiry Model in Senior High School
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan pemecahan masalah siswa dan implementasi model inkuiri bebasdi SMA. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan metode preliminary research dengan teknik pengumpulan data berupa tes tulis yang diisi oleh siswa, angket wawancara siswa dan angket wawancara guru. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada 30 siswa kelas XII IPA 5 SMAN 1 Driyorejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya beberapa siswa yang menggunakan strategi keterampilan pemecahan masalah dalam memecahkan masalah Listrik Dinamis. Dari seluruh siswa yang diteliti, terdapat 16 siswa yang memiliki keterampilan pemecahan masalah kategori sedang dengan rentang nilai 1.00-1.99 dan 14 siswa memiliki keterampilan pemecahan masalah kategori rendah dengan rentang nilai 0.00-0.99. Kriteria keterampilan pemecahan masalah terendah terdapat pada poin C (conceptualize the strategy). Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran inkuiri bebas berbantuan laboratorium virtual (PhET) di sekolah tidak optimal karena siswa tidak aktif di kelas sehingga keterampilan pemecahan masalah yang dimiliki siswa tidak dalam kategori tinggi.
Kata kunci: inkuiri, PhET, keterampilan pemecahan masalah
This study aims to determine the profile of students' problem-solving skills and the implementation of free inquiry models in high school. This type of research conducted using preliminary research methods with data collection techniques in the form of written tests filled out by students, student interview questionnaires, and teacher interview questionnaires. The data obtained were analyzed descriptively qualitatively. The study was conducted on 30 students of class XII Science 5 of Senior High School 1 Driyorejo. The results showed that only a few students used the strategy of problem-solving skills in solving Dynamic Electric problems. Of all students studied, 16 students had moderate category problem-solving skills ranging from 1.00-1.99, and 14 students had low category problem-solving skills with a range of 0.00-0.99. The lowest problem-solving skills criteria are at point C (conceptualize the strategy). So it can be concluded that the implementation of a free inquiry learning model assisted by virtual laboratories (PhET) in schools does not optimally cause students to be inactive in class so that the problem-solving skills of students are not in the high category.
Keywords: inquiry, PhET, problem-solving skills