Kelayakan Permainan Ludo Pada Materi Tekanan Zat Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik
The Expediency Of Ludo Game On Substance Pressure Material To Improve Students Scientific Literacy
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan permainan ludo pada materi tekanan zat untuk meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah pengembangan menggunakan model ADDIE. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design yang dilakukan pada 32 siswa kelas VIII-I SMPN 40 Surabaya. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu berdasarkan kevalidan permainan ludo memperoleh persentase rata-rata sebesar 82,4% dengan kategori sangat layak, kepraktisan permainan ludo ditinjau dari hasil respon siswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 99,73% dengan kategori sangat baik, hasil keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase rata-rata seluruh fase sebesar 92,59% dengan kategori sangat baik, dan hasil aktivitas siswa yang memperoleh persentase rata-rata sebesar 86,25% dengan kategori sangat baik, dan keefektifan permainan ludo ditinjau dari hasil pretest siswa memperoleh rata-rata sebesar 60,15, sedangkan hasil posttest memperoleh rata-rata sebesar 84,30 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 71,87% dengan kategori baik dan ketuntasan indikator pada posttest memperoleh hasil yaitu pada aspek konten sains memperoleh persentase sebesar 91,40%, pada aspek konteks sains memperoleh persentase sebesar 88,28%, dan pada aspek konten sains memperoleh persentase sebesar 83,59%. Peningkatan skor literasi sains melalui perhitungan N-Gain score memperoleh nilai rata-rata sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan ludo pada materi tekanan zat untuk meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik layak berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Kata Kunci: Validitas, Kepraktisan, Keefektifan, Permainan Ludo, Literasi Sains.
This research aims to describe the feasibility of the ludo game on substances pressure material to improve students’ scientific literacy skills based on validity, practicality, and effectiveness. This type of research is a developmental research using the ADDIE model. The research design used is one group pretest-posttest design conducted on 32 students of class VIII-I of SMPN 40 Surabaya. The results obtained are based on the validity of the ludo game getting the average percentage of 86.67% with decent category, the practicality of the ludo game in terms of the results of the students' responses obtained an average percentage of 99.73%, the results of the feasibility of learning obtain an average percentage of all phases of 92.59%, then the results of student activities that obtain an average percentage of 87.50%, the effectiveness of the ludo game in terms of the pretest results students get an average of 60.15, while the posttest results obtained an average of 84.30 with mastery learning outcomes of 71.87%, the completeness of the indicators on the posttest obtained results namely in the aspect of science content obtained a percentage of 91.40 %, in the aspect of the science context gained a percentage of 88.28%, and lastly in the aspect of science content obtained a press entage of 83.59%. The percentage increase in science literacy scores through the calculation of N-Gain scores obtained an average value of 0.59 in the medium category. Based on these results it can be concluded that the game of ludo on material pressure substances to improve students' scientific literacy skills is feasible based on validity, practicality, and effectiveness.
Keywords: Validity, Practicality, Effectiveness, Ludo Game, Scientific Literacy.