PENGEMBANGAN
PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR MATERI PEMANASAN
GLOBAL PADA
PESERTA DIDIK KELAS VII MTs ABU DARRIN
KENDAL BOJONEGORO
ABSTRAK
Hakimah, Nurul
Lathifatul. 202 3 . Pengembangan
Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning u ntuk
Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pemanasan Global p ada Peserta Didik Kelas V II M T s Abu
Darrin Kendal Bojonegoro . Tesis,
Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. I
Gusti Made Sanjaya, M.Si. dan (2) Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd.
Kata-kata Kunci: pengembangan
perangkat pembelajaran, model discovery learning, hasil belajar peserta didik,
pemanasan global.
Penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan
perangkat pembelajaran model Discovery Learning pada materi pemanasan
global kelas VII MTs. Abu Darrin Kendal Bojonegoro yang dinyatakan layak
digunakan berdasarkan hasil validasi menurut para ahli, praktis menurut respon peserta didik efektif berdasarkan pencapaian tujuan
pembelajaran yang sudah ditetapkan.
Dalam
penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck . Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Abu Darrin
Kendal Bojonegoro pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. S ubyek yang digunakan adalah kelas VII F dan kelas VII H. Instrumen dalam pengumpulan data penelitian pengembangan ini
adalah lembar tes (pre - test dan post - test ), lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan
angket respon peserta didik.
Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa hasil pengembangan perangkat pembelajaran model Discovery Learning dinyatakan valid
dengan kategori sangat baik pada RPP dengan rata-rata hasil validasi ahli yakni
3,8. LKPD dengan rata-rata 3,9. Angket respon peserta didik dengan rata-rata
3,9 dan Soal Pre-Test dan Post-Test dengan rata-rata 3,0.
Perangkat pembelajaran menggunakan model Discovery
Learning dinyatakan sangat baik (praktis) dengan mendapatkan respon positif peserta
didik kelas eksperimen sebesar 89,2% dan 91,4% oleh kelas kontrol setelah proses
pembelajaran. Perangkat pembelajaran model Discovery
Learning dinyatakan efektif dari hasil belajar (post-test ) peserta didik meningkat dari
data awal (pre-test ) dan memenuhi
standar KKM yang berlaku yakni 70 dengan nilai N-gain 0,51 dengan kategori sedang. Kesimpulannya yakni
pengembangan perangkat pembelajaran model Discovery
Learning dinyatakan sangat valid, praktis dan efektif,
sehingga dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai pendamping proses pembelajaran
pada materi pemanasan global kelas VII.