Hasil observasi awal menunjukkan hasil belajar peserta didik di MAN 2 Gresik rendah, khususnya pada materi dinamika kependudukan karena materi tersebut mempunyai banyak sub dan hitungan. Keterampilan berpikir dan pemecahan masalah diperlukan dalam proses pembelajaran agar materi tersebut dapat dipahami dengan baik. Model pembelajaran yang cocok adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Model tersebut dapat meningkatkan pemahaman peserta didik sehingga hasil belajarnya akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterlaksanaan hasil observasi guru dan peserta didik dan perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Subjek penelitian menggunakan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan instrumen tes dan teknik analisis data dengan uji prasyarat yaitu uji Normalitas dan uji Homogenitas serta menggunakan uji Independent Sample T-Test.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik, aktivitas guru dan peserta didik setiap pertemuan mengalami peningkatan. 2) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dengan nilai p = 0,000 < α (0,05). Hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, hal ini dikarenakan adanya perbedaan perlakuan.
Kata Kunci : PBL, Hasil Belajar, Dinamika Kependudukan.
The results of first observations showed that, the students learning outcomes in MAN 2 Gresik was low, especially on population dynamics material because it has subs and counts. So that problem solving skill are needed skills to easily understand it. The suitable learning model is the Problem Based Learning model. This model can improve students understanding so that it will increase their learning outcomes. This study aims to describe the implementation of teacher and students observation results and the differences learning outcomes in the experimental class with the control class.
The subjects of this study involved students of XI IPS 3 as the experimental class and XI IPS 2 as the control class. This study was conducted in the second semester on the academic year 2018/2019. Type of this research is Quasi Experimental Design. Data were colletected using interviews, observations, and test instruments and analyzed using prerequisite tests which are Normality Test and Homogeneity Test as well as using the Independent Sample T-Test.
The result showed that: 1) The implementation of the learning was very well, the activities of teachers and students in each meeting had increased. 2) There were differences in the learning outcomes between the experimental class and the control class, with a value of p = 0,000 < α (0,05). The learning outcomes of the experimental class are higher than the control class, this is due to differences in treatment.
Keywords: PBL, Learning Outcomes, Population Dynamics.