PENGEMBANGAN E-BOOK NUMERASI MATERI STATISTIKA KELAS X SMA
DEVELOPMENT OF AN ELECTRONIC NUMERATION BOOK ON STATISTICS FOR CLASS X SMA
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-book numerasi yang layak dan valid dilihat dari isi, penyajian, dan bahasa serta mendeskripsikan kepraktisan ditinjau dari angket respon guru dan peserta didik dan keefektifan e-book numerasi sebagai media pembelajaran pada materi statistika ditinjau dari peningkatan hasil pretest dan posttest. Penelitian ini adalah penelitian R&D dengan metode 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), hanya sampai tahap pengembangan (develop) namun tetap diujicobakan secara terbatas kepada peserta didik. E-book Numerasi yang dikembangkan diujicobakan kepada peserta didik kelas X-3 SMA Negeri 12 Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pengembangan E-book Numerasi pada materi statistika memperoleh hasil validasi isi sebesar 86% dan hasil validasi konstruk sebesar 87% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan. Pada aspek kepraktisan memperoleh hasil respon sangat positif dari peserta didik dan guru sebesar 96% dengan kategori sangat praktis. Aspek keefektifan berdasarkan hasil pretest dan posttest memperoleh rata-rata skor n-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa E-book Numerasi yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi statistika.
Kata kunci: E-book, Numerasi, Statistika
This study aims to produce numeracy e-books that are feasible and valid in terms of content, presentation, and language and describe the practicality in terms of teacher and student response questionnaires and the effectiveness of numeracy e-books as learning media on statistics material in terms of improving pretest and posttest results. This research is an R&D research with the 4D method (Define, Design, Develop, Disseminate), only until the development stage (develop) but still tested limitedly to students. The Numeracy E-book developed was tested on students of class X-3 SMA Negeri 12 Surabaya. Based on the results of the research that has been done, the development of E-book Numeration on statistics material obtained content validation results of 86% and construct validation results of 87% with a very valid category and feasible to use. In the aspect of practicality, the results of very positive responses from students and teachers were 96% with a very practical category. The effectiveness aspect based on the pretest and posttest results obtained an average n-gain score of 0.71 with a high category. Thus, overall this study can be concluded that the Numeracy E-book developed is feasible to use as a learning media on statistics material.
Keywords: E-book, Numeracy, Statistics