Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Life skills adalah LKPD yang disusun berdasarkan kecakapan hidup (Life skills) yang dibutuhkan dan dapat diaplikasikan peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu memberi bekal dasar dan latihan-latihan mengenai kehidupan sehari-hari yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik agar berfungsi dalam menghadapi masa depan yang sarat persaingan dan kerjasama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan ditinjau dari segi validitas LKPD berbasis life skills pada materi sistem pernapasan manusia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4P (Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran). Namun dalam penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan. Instrumen yang digunakan yaitu validitas LKPD yang ditinjau berdasarkan lembar validasi oleh lima validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis life skills pada materi sistem pernapasan manusia ditinjau dari aspek validitas isi dan validitas konstruk secara berturut-turut dengan rata-rata persentase sebesar 89,33% dan 84,66% memperoleh kriteria sangat valid. Berdasarkan perolehan hasil validasi dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis life skills pada materi sistem pernapasan layak digunakan di pembelajaran.
Kata Kunci: LKPD, validitas, sistem pernapasan manusia
Student worksheet based on life skills is student worksheet which is arranged based on life skills needed and can be applied by students in the learning process. It also, it provides basic provisions and exercises that are carried out correctly about daily life that can improve the ability of students to function in the face of a future laden with competition and cooperation. The purpose of this study was to analyze the feasibility in terms of the validity of student worksheets based on life skills on the the human respiratory system material. This research used the 4D development model (Definition, Design, Development, and Dissemination). However, this research was limited to the development stage. The instrument used in this validity of the student worksheets which was reviewed based on the validation sheet by five validators. The results showed that student worksheets based on life skills on the material of the human respiratory system in terms of content validity and construct validity successively obtained very valid criteria with an average percentage of 89.33% and 84.66%. Based on the validation results, it can be concluded that student worksheet based on life skills on the respiratory system material is appropriate for use in learning.
Keywords: student worksheet, the validity, human respiratory system