Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis problem based learning (PBL) dan keterampilan berpikir kritis untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan ini meliputi: 1) untuk mengetahui kelayakan pengembangan LKPD menurut ahli materi, ahli evaluasi media, dan ahli grafis 2) hasil belajar peserta didik dengan menggunakan LKPD 3) respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate, dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar telaah dan validasi menurut ahli materi, ahli evaluasi media, dan ahli grafis serta respon peserta didik. Dalam perhitungan skor penelitian berpedoman pada skala likert dan skala guttman.
Hasil penelitian LKPD ini menunjukkan tingkat kelayakan isi materi sebesar 87,3% dengan kriteria sangat baik, kelayakan penyajian sebesar 85,8% dengan kriteria sangat baik, kelayakan bahasa sebesar 93% dengan kriteria sangat baik, dan kelayakan kegrafikan sebesar 80% dengan kriteria baik. Dari keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 85,7% dengan kriteria sangat baik. Pada hasil belajar peserta didik memperoleh n-gain score sebesar 0,72 dengan kriteria tinggi. Untuk angket respon peserta didik memperoleh hasil rata-rata sebesar 96% dengan kriteria sangat baik.
This study aims to develop problem based learning (PBL) based LKPD and critical thinking skills to increase learning outcomes on economic. These aim includes: 1) to find out the feasibility of developing LKPD according to material experts, media evaluation experts, and graphic experts 2) student learning outcomes using LKPD 3) students' responses to the developed LKPD. This development research uses the 4d model from Thiagarajan which consists of define, design, develop, and disseminate, with data collection techniques using review and validation sheets according to material experts, media evaluation experts, and graphic experts and students' responses. In calculating the research score based on the Likert scale and the Guttman scale.
The results of this LKPD study showed the level of feasibility of the material content was 87.3% with very good criteria, the feasibility of presentation was 85.8% with very good criteria, language feasibility of 93% with very good criteria, and feasibility of graphics by 80% with good criteria . From the whole obtained an average of 85.7% with very good criteria. On learning outcomes students get a n-gain score of 0.72 with high criteria. For the questionnaire responses students get an average yield of 96% with very good criteria.