Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMA pada sub materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI IPA 6 SMAN 1 Krembung Sidoarjo. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing, lembar aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar keterampilan proses sains, dan lembar respon siswa. Hasil penelitian diperoleh data: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa pada materi laju reaksi sudah terlaksana dengan sangat baik (2) Aktivitas siswa selama dua kali pertemuan yang paling banyak terlihat adalah mendengarkan penjelasan guru dan melakukan percobaan (3) Hasil belajar keterampilan proses sains siswa meningkat dengan N-gain score pada keterampilan merumuskan masalah, membuat hipotesis, mengidentifikasi variabel, mengumpulkan data, menganalisis hasil percobaan, dan membuat kesimpulan secara berturut-turut sebesar 0,87 kategori tinggi; 0,88 kategori tinggi; 0,68 kategori sedang; 0,91 kategori tinggi; 0,67 kategori sedang; dan 0,58 kategori sedang. Ketuntasan klasikal diperoleh sebesar 84% siswa yang hasil belajarnya tuntas (4) Respon siswa sangat baik dengan persentase rata-rata respon positif siswa sebesar 95,74% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat melatihkan keterampilan proses sains siswa pada materi laju reaksi.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Laju Reaksi.
This research aims to train the science process skills of senior high school students on the sub matter of factors that affecting reaction rate through the implementation of a guided inquiry learning model. The research design used is One Group Pretest-Posttest Design with the type of research is descriptive quantitative. The target of this research are senior high school students of class XI IPA 6 SMAN 1 Krembung Sidoarjo. The instruments used are the observation sheets for the implementation of guided inquiry learning models, sheet of student activity, test sheets the results of learning science process skills, and sheet of student response. The results of the research are: (1) The implementation of a guided inquiry learning model to train students' science process skills in the matter of reaction rate has been done very well (2) The students activity for two meetings the most visible is listening to the teacher's explanation and doing experiments (3) The results of learning science process skills of students increase with the N-gain value on the skills of formulating a problems, making hypotheses, identifying variables, collecting data, analyzing experimental results, and making conclusions in a row of 0.87 in high category; 0.88 in high category; 0.68 in medium category; 0.91 in high category ; 0.67 in medium category; and 0.58 in medium category. Classical completeness obtained by 84% of students whose learning outcomes are complete (4) The response of students is very good with the average percentage of students' positive responses of 95.74% with a very good category. This shows that the implementation of a guided inquiry learning model can train student's science process skills in the matter of reaction rate.