Penjarian tangan kiri merupakan pertimbangan terpenting dalam memainkan sebah repertoar. Peneitian ini bertujukan untuk mendeskrpsikan skema penjaian pada Valseana (Suite Aquarelle) Karya Sergio Assad. Dalam penelitian ini mengunakan kajian teori berupa A Guide To The Fingering Of Music For The Guitar karya Ronald Jerone Sherrod sebagai teori utama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang difokuskan pada skema penjarian Valseana (Suite Aquarelle) karya Sergio Assad sebagai objek penelitian dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Valseana (Suite Aquarelle) merupakan karya solo gitar klasik dimana pada hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat banyak perbedaan terkait dengan skema penjarian yang diterapkan. Anatomi meprupakan faktor terbsesar yang mendasari perbedaan tersebut, selain itu efisieni permainan, teknik, dan musikalitas menjadi pertimbangan dalam penetapan penjarian pada Valseana (Suite Aquarelle) karya Sergio Assad.
Left hand guarding is the most important consideration in playing a repertoire. This research is aimed at describing an exploratory scheme in Valseana (Suite Aquarelle) by Sergio Assad. In this study using a theoretical study in the form of A Guide To The Fingering Of Music For The Guitar by Ronald Jerone Sherrod as the main theory. The method used in this research is a qualitative method focused on the Serial Assad's Valseana (Suite Aquarelle) fencing scheme as an object of research by observation, interview, documentation, and literature study. The technique used is data reduction, data presentation, and inference. The results of this study shows sh that Valseana (Suite Aquarelle) is a classical guitar solo work in which the results of this study indicate that there are many differences related to the applied dance scheme. Anatomy is the biggest factor that underlies these differences, in addition to the efficiency of the game, technique, and musicality is a consideration in determining the daylighting in Valseana (Suite Aquarelle) by Sergio Assad.