PENGAMBILAN KEPUTUSAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH DALAM MUTU SEKOLAH
PRINCIPAL PARTICIPATORY DECISION MAKING IN SCHOOL QUALITY
Mutu Sumber Daya Manusia di Indonesia yang rendah pada saat ini membuat kualitas pembelajaran di sekolah harus semakin ditingkatkan. Kepala Sekolah sebagai pemimpin berperan penting dalam menjamin mutu sekolah dengan melalui pengambilan keputusan partisipatif yang tepat. Tujuan penulis dalam artikel ini adalah untuk menganalisis penentuan kebijakan partisipatif Kepala Sekolah untuk memperbaiki kualitas sekolah. Metode yang digunakan adalah studi litelatur yaitu sebuah penelitian kepustakaan melalui beberapa jurnal dan referensi. Dari hasil mengkaji beberapa jurnal serta referensi, ditemukan bahwa Kepala Sekolah sebagai pemimpin organisasi di sekolah harus mampu meningkatkan mutu sekolah dengan melalui pengambilan keputusan partisipatif yang tepat. Hasil dari penulisan artikel ini ialah Kepala Sekolah mengambil keputusan partisipatif untuk meningkatkan mutu sekolah, perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut: 1) Peran Kepala Sekolah dalam menentukan kebijakan partisipatif. 2) Strategi pemilihan kebijakan partisipatif Kepala Sekolah dalam mutu sekolah ialah Melakukan musyawarah dan kepentingan bersama dan Focus Group Discussion (FGD) 3) Terdapat empat teknik pengambilan keputusan partisipatif, yaitu sumbang saran (Brainstorming), teknik kelompok nomimal (The nominal group technique NGT), dan kelompok kualitas (Quality circles).
Kata kunci: pengambilan keputusan partisipatif, kepala sekolah, mutu sekolah
The current low quality of human resources in Indonesia makes the quality of learning in schools must be further improved. The principal as a leader plays an important role in ensuring the quality of the school through appropriate participatory decision making. The author's in this article is to assess the principal's participatory decision making in enhancing school quality. The method used is literature study, namely a library research through several journals and references. From the results of reviewing several journals and references, it was found that the principal as an organizational leader in the school must be able to improve the quality of the school through appropriate participatory decision making. The result of writing this article is that the principal takes participatory decisions to enhance the quality of the school, it is important to be aware of the following matters: 1) The role of the principal in participatory decision making. 2) Principal's participatory decision-making strategy in improving school quality is Conducting deliberations and mutual interests and focus group discussion 3) There are four participatory decision-making techniques, namely brainstorming, the nominal group technique NGT and the quality group.
Keywords : participatory decision making, principal, school quality