PENGARUH KEMANDIRIAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN VARIABEL MEDIASI MOTIVASI BELAJAR
THE INFLUENCE OF INDEPENDENCE AND LEARNING STYLE ON LEARNING OUTCOMES WITH THE MEDITATING VARIABLE OF LEARNING MOTIVATION
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran motivasi belajar sebagai variabel mediasi antara pengaruh kemandirian belajar dan pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis SEM. Kesimpulan yang didapatkan berdasarkan penelitian ini yaitu kemandirian belajar dapat mempengaruhi motivasi belajar secara langsung, gaya belajar dapat mempengaruhi motivasi belajar secara langsung, hasil belajar dipengaruhi secara langsung oleh motivasi belajar, motivasi belajar tidak dapat menjadi variabel yang memediasi kemandirian belajar terhadap hasil belajar, motivasi belajar tidak dapat memediasi gaya belajar terhadap hasil belajar.
Kata Kunci : Gaya belajar; Hasil belajar; Kemandirian belajar; Motivasi Belajar
This study aims to determine the role of the learning motivation variable as a mediation between the influence of independent learning and the influence of learning styles on learning outcomes in Universitas Negeri Surabaya Accounting Education students. This type of research used in this research is a type of quantitative research. The data collection techniques used in this study were questionnaires and documentation. Data processing in this study using SEM analysis techniques. The conclusions obtained based on this research are learning independence can affect learning motivation directly, learning style can affect learning motivation directly, learning outcomes are directly influenced by learning motivation, learning motivation cannot be a variable that mediates learning independence on learning outcomes, learning motivation cannot mediate learning styles on learning outcomes.