Pengaruh E-sevice Quality dan E-trust terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna ShopeePay
The Effect of E-Service Quality and E-trust on ShopeePay User Consumer Satisfaction
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh e-service quality
dan e-trust terhadap kepuasan konsumen pada pengguna ShopeePay. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel yaitu
non-probabilty sampling, dengan total 100 responden. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah metode survei menggunakan kuesioner yang disebarkan ke
responden secara online melalui google form. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan SPSS 25.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel e-service quality berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel e-trust juga
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara
simultan e-service quality dan e-trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan konsumen pengguna ShopeePay.
The purpose of this study was to find out how e-service quality and e-trust affect
customer satisfaction in ShopeePay users. The type of research used was quantitative
research, with sampling techniques that were non-probabilty sampling, with a total of
100 respondents. The method of data collection in this study was a survey method
using questionnaires that were distributed to respondents online through google form.
The data analysis techniques in this study used multiple linear regression analysis
processed using SPSS 25. The results of this study showed that e-service quality
variables had a positive and significant effect on consumer satisfaction, e-trust
variables also had a positive and significant effect on consumer satisfaction.
Simultaneously e-service quality and e-trust had a positive and significant effect on the
customer satisfaction of ShopeePay users.