Implementasi Tes Formatif Berbasis Multirepresentasi Untuk Analisis Pemahaman Konsep Siswa
Implementation Of Multirepresentation-Based Formative Tests For The Analysis Of Student Concept Understanding
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep siswa berdasarkan tes formatif berbasis multirepresentasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Tes yang digunakan adalah pilihan ganda dengan alasan terbuka serta tingkat keyakinan. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 141 siswa kelas X MIPA di MAN 2 Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi miskonsepsi pada materi gerak jatuh bebas dan gerak vertikal ke bawah di setiap representasi. Persentase siswa yang mengalami miskonsepsi pada representasi gambar sebesar 10,2%, representasi grafik sebesar 56%, representasi matematik sebesar 29,8% dan representasi verbal sebesar 56,5%. Representasi grafik dan verbal termasuk dalam miskonsepsi kategori tingkat sedang. Sedangkan pada representasi matematik dan gambar termasuk dalam kategori miskonsepsi tingkat rendah.
Kata kunci: Multirepresentasi, Pemahaman Konsep, Tes Formatif
This study aims to analyze students' concept understanding abilities based on multirepresentation-based formative tests. The study used descriptive methods with data collection techniques using tests and interviews. The test used is a multiple choice with open excuses as well as a level of confidence. The subjects used in the study were 141 students of class X MIPA at MAN 2 Lamongan. The results showed that there was a misconception of the free fall motion material and downward vertical motion in each representation. The percentage of students who experienced misconceptions on image representation by 10.2%, graph representation by 56%, mathematical representation by 29.8% and verbal representation by 56.5%. Graph and verbal representations fall under the misconceptions of moderate-level categories. While in mathematical representations and images fall into the category of low-level misconceptions.Keywords: Multirepresentation, Concept Understanding, Formative Assessment