Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses manajemen layanan perpustakaan dan program layanan sistem E-TBM di SMP IT At Taqwa Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menjelaskan pelaksanaan manajemen layanan perpustakaan berbasis E-TBM. Rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini yakni Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, Pustakawan Dinas Pemerintah Kota Surabaya, Waka Kurikulum, Guru, Duta Literasi, dan Peserta didik di SMP IT At Taqwa Surabaya.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut, proses manajemen layanan perpustakaan dimulai dengan 1) proses perencanaan dilakukan oleh kepala sekolah, waka, koordinator perpustakaan, dan koor-koor jenjang dalam menentukan pelayanan untuk perpustakaan sekolah 2) peraturan terkait penyelenggaraan perpustakaan adalah standar ISO 9001 dan Aturan Kurikulum 2013 3) pelaksanaan layanan perpustakaan seperti kegiatan layanan sirkulasi yaitu proses peminjaman dan pengembalian buku koleksi serta melakukan pengelolaan bahan pustaka 4) peran kepala sekolah melakukan pemantauan terhadap kondisi perpustakaan dan perkembangan siswa serta melakukan rapat koordinasi dengan pihak perpustakaan dalam menanamkan budaya literasi. Program layanan sistem E-TBM antara lain 1) penyusunan program kerja sistem E-TBM dilakukan oleh kepala sekolah, waka kurikulum dan pihak perpustakaan 2) pengadaan bahan pustaka berdasarkan permintaan siswa dan guru serta katalog buku yang menarik yang mengacu pada daftar program kerja 3) kegiatan program E-TBM meliputi kelas literasi dilakukan setiap hari secara terjadwal, pemilihan duta literasi satu tahun sekali, apresiasi peminjam buku terbanyak dan kegiatan lainnya 4) sistem E-TBM membantu dalam layanan sirkulasi, proses pembelajaran dan memudahkan mencari informasi. Sistem E-TBM ini merupakan sistem dari Dinas Pemerintah Kota Surabaya. Keunggulan dari sistem E-TBM adalah ketika sekolah memiliki komitmen dan memberikan dukungan penuh terhadap adanya sistem tersebut maka perpustakaan sekolah akan tumbuh dan berkembang pesat dibandingkan dengan sekolah lainnya.
Kata Kunci :Manajemen Perpustakaan, Layanan Perpustakaan Elektronik, Perpustakaan Berbasis Elektronik, Taman Baca Masyarakat
This study aims to describe and analyze the process of library service management and E-TBM system service programs at At Taqwa IT Middle School in Surabaya. This study uses a qualitative descriptive approach by explaining the implementation of E-TBM-based library service management. The design of this study uses a case study research method. The method of collecting data uses interviews, observation, and documentation studies. The subjects of this study were Principal, Head of Library, Surabaya City Government Librarian, Curriculum Guide, Teacher, Ambassador of Literacy, and Students in IT At Taqwa Middle School Surabaya.
The results are, the library service management process begins with 1) the planning process carried out by the principal, waka, library coordinator, and level choirs in determining service for the school library 2) the regulations related to library operations are ISO 9001 standards and Curriculum Rules 2013 3) implementation of library services such as circulation service activities, namely the process of borrowing and returning collection books and managing library materials 4) the role of the principal in monitoring the condition of the library and student development and conducting coordination meetings with the library in instilling a culture of literacy. The E-TBM system service program includes 1) preparation of the E-TBM system work program carried out by principals, curriculum waka and library parties 2) procurement of library materials based on student and teacher requests and interesting book catalogs that refer to the work program list 3) E-TBM program activities include literacy classes scheduled every day, selection of literacy ambassadors once a year, appreciation of most book borrowers and other activities 4) E-TBM system helps in circulation services, learning processes and makes it easy to find information. This E-TBM system is a system of the Surabaya City Government Service. The advantage of the E-TBM system is that when the school is committed and provides full support for the existence of the system, the school library will grow and develop rapidly compared to other schools.
Keywords: Library Management, Electronic Library Services, Electronic Based Libraries, Community Reading Parks