PENGEMBANGAN BUKU TABUNGAN SIKAP SEBAGAI UPAYA PENGUATAN KARAKTER JUJUR SISWA SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF ATTITUDE SAVINGS BOOK AS AN EFFORT TO STRENGTHEN HONEST CHARACTER OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Abstrak
Buku tabungan sikap merupakan alat bantu yang digunakan untuk menerapkan pendidikan karakter dirumah bagi peserta didik kelas III Sekolah Dasar, terutama pada karakter jujur. Pada saat pandemi seperti sekarang ini, dimana pembelajaran dilakukan secara daring membuat para guru tidak dapat menerapkan pendidikan karakter dan memantau perkembangan prilaku anak didiknya secara langsung, sehingga peneliti ingin membuat buku tabungan sikap sebagai alat bantu untuk mengontrol, mengawasi, dan menerapkan pendidikan karakter anak dirumah. Adanya buku ini juga dapat menjadi alat komunikasi antara orang tua dan guru tentang perkembangan prilaku anak didik. Buku ini dibuat untuk menumbuhkan rasa antusias anak didik untuk lebih banyak melakukan kegiatan dan sikap baik saat berada dilingkungan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE, metode ini terdiri dari lima tahapan yaitu, analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi dari dosen dan kepala sekolah, angket penilaian guru dan orang tua, serta efektifitas buku tabungan sikap. Hasil validasi buku tabungan sikap memperoleh persentase sebesar 87,5 % dari uji validasi dosen dan hasil uji validasi kepala sekolah memperoleh persentase sebesar 91,7 %, buku tabungan sikap memperoleh kelayakan persentase sebesar 78,5 % dari angket penilaian guru dan 85,6% dari angket penilaian orang tua, sehingga memenuhi kriteria praktis untuk digunakan, serta efektifitas buku tabungan sikap memiliki persentase sebesar 85,36 % untuk pengumpulan kegiatan dan prilaku baik dan 15 % untuk kegiatan dan prilaku tidak baik. Hasil dari efektifitas siswa memperoleh kategori efektif sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu untuk memperkuat pendidikan karakter peserta didik, terutama pada karakter jujur Kata Kunci : buku tabungan sikap, karakter jujur, pengembangan.
Abstract
The attitude saving book is a tool used to implement character education at home by grade III elementary school students, especially on honest character. During a pandemic like today, where online learning is taking place, teachers cannot apply character education and monitor the behavior development of their students directly, so researchers want to create an attitude savings book as a tool to control, supervise, and implement childrens character education at home. The existence of this book can also be a communication tool between parents and teachers about the development of student behavior. This book was created to foster the enthusiasm of students to do more activities and have a good attitude when they are in their surrounding environment. This study uses the ADDIE method, this method consists of five stages, namely, analysis, design, development, impementation, and evaluation. Data collection techniques used are validation from lecturers and principals, teacher and parents assessment questionnaires, and the effectiveness of attitude savings book. The result of the attitude passbook validation obtained a percentage of 87,5 % from the lecturer validation test and the results of the principal validation test obtained a percentage of 91,7 %, the attitude savings book obtained a feasibility percentage of 78,5 % from the teacher response questionnaire, and 85,6% from the parental response questionnaire, so that it meets the practical criteria for use and the effectiveness of the attitude savings book has a percentage of 85,36 % for collection good activities and behaviors and 15 % for bad activities and behaviors. The results of the effectiveness of students obtain an effective category so that it can be used as a tool to strengthen the character education of students, especially on honest character. Keywords : attitude saving book, honest character, development.