ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
VIDEO SCRIBE MATERI POKOK ANALISIS
PRODUK DAN LAYANAN KELAS X BDP SMKN 4 SURABAYA
Nama :
Achmad Suherman
NIM :14080324019
Program Study :S1-Pendidika
Tata Niaga
Fakultas :
Ekonomi
Nama Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr.
Tri Sudarwanto., S.Pd., M.Sm
Penelitian
memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video scribe pada
materi pokok analisis produk dan layanan. Musyadat (2015) Menyimpulkan
pengembangan media pembelajaran layak digunakan dalam proses pembelajaran,
media pembelajaran video scribe juga
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran yang digunakan
disekolah masih berupa media pembelajaran yang bersifat konvensional. Seperti
papan tulis, modul, buku, dan Microsoft
office power point . Media video
scribe juga merupakan media yang masih baru di SMKN 4 Surabaya, dan
penelitian ini bertujuan mengethui kelayakan media pembelajaran video scribe
sebagai media yang digunakan dalam proses pembelajaran.
Penelitian
menggunakan model 4-D, populasi sekaligus sampel yang digunakan adalah sebanyak
35 orang, yaitu siswa kelas X BDP 2. Pelaksanaan penelitian hanya menggunakan 3
tahapan saja, untuk tahap dessiminate
tidak digunakan. Penelitian menggunakan pre-test dan post-test untuk mengetahui
pemahaman sisw terhadap materi sebelum dan sesudah menggunakan media
pembelajaran video scribe
Hasil penelitian menyimpulkan
media mendapat rata-rata presentase kelayakan materi sebesar 84,6% dan
dapat dikategorikan Sangat Layak. Hasil rata-rata presentase kelayakan media
diperoleh sebesar 82% dan mendapat kategori Sangat Layak menurut presentase
kelayakan Riduwan (2015). Sedangkan hasil rata-rata presentase angket respon
siswa diperoleh sebesar 79,58% dan mendapat kategori Layak menurut presentase
kelayakan Riduwan (2015). Media
pembelajaran video scribe pada materi pokok analisis produk dan layanan layak
digunakan sebagai media utnuk proses belajar mengajar di kelas
Kata Kunci : Media
Pembelajaran, video scribe , kelayakan
media