GAMBARAN TINGKAT KERJASAMA SISWA DALAM PERMAINAN BOLA BAKAR
DESCRIPTION OF THE LEVEL OF STUDENT COOPERATION IN THE FIRE BALL GAME
Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) menjadi satu mata pelajaran wajib dalam struktur kurikulum di sekolah dasar dan menengah. Satu mandat penting PJOK dalam proses pendidikan adalah membangun karakter siswa menjadi lebih baik melalui aktivitas fisik, olahraga, dan permainan. Permainan kecil menjadi satu materi pokok yang dominan dalam PJOK di sekolah dasar. Sesuai dengan kebiasaan aktivitas berkelompok dalam bermain, karakter terdekat yang dapat dikembangkan adalah kerjasama. Banyak permainan yang diyakini dapat digunakan dalam membangun kerjasama, salah satunya adalah permainan bola bakar. Sayangnya, pembahasan tentang gambaran tingkat kerjasama siswa dalam bermain bola bakar masih belum didapatkan secara komprehensif. Untuk itu, tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kerjasama siswa dalam pembelajaran PJOK materi permainan bola bakar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Survei menggunakan angket tertutup digunakan untuk mengumpulkan data. Angket tertutup dengan 5 tingkatan likert digunakan untuk mengukur kerjasama siswa. Analisis data dimulai dengan uji validitas, reliabilitas, deskriptif statistik, dan proporsi. Rata-rata nilai kerjasama siswa sebesar 146,6 masuk dalam kategori baik sekali. Berdasarkan distribusi frekuensi kerjasama siswa masuk dalam kategori baik (55%) dan baik sekali (46%). Akan tetapi ada aspek yang masuk dalam kategori cukup yaitu aspek berbagi pengalaman dan menyelesaikan tugas (3%) dan aspek giat dan tekun (3%)..
Physical Education, Sports and Health (PESH) is a compulsory subject in the curriculum structure in primary and secondary schools. One important mandate of PESH in the educational process is to build better student character through physical activity, sports and games. Small games are the dominant material in PESH in elementary schools. In accordance with the habits of group play activities, the closest character that can be developed is cooperation. Many regulated games can be used in building cooperation, one of which is the game of burning ball or bola bakar. Unfortunately, the discussion on the description of the level of student cooperation in playingbola bakar has not been collected. For this reason, the purpose of this article is to describe the level of student cooperation in learning PESH with the bola bakar game material. This was a descriptive research. A survey using a closed questionnaire was used to collect data with closed questionnaire in 5 levels to measure student cooperation. Data analysis began with a test of validity, reliability, descriptive statistics, and proportions. The student's average score of 146.6 is in the very good category. The frequency distribution of student cooperation is in the good category (55%) and very good (46%). However, there are aspects that fall into the sufficient category, namely sharing experiences and completing tasks (3%) and active and diligent (3%).