PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK PENGUASAAN MATERI RIAS WAJAH CIKATRI DI SMKN 1 LAMONGAN
THE USE OF VIDEO MEDIA TO MASTERY CIKATRI’S MAKE UP MATERIAL AT SMKN 1 LAMONGAN
Media pembelajaran merupakan penyalur pesan dari pengirim kepada penerima dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) kelayakan media pembelajaran video pada kompetensi dasar tata rias wajah cikatri, 2) hasil belajar peserta didik pada penggunaan media pembelajaran video pada kompetensi dasar tata rias wajah cikatri, 3) respon peserta didik terhadap proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran video pada kompetensi dasar tata rias wajah cikatri.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Shoot Case Study. Data yang didapatkan berupa hasil validasi kelayakan media pembelajaran video, hasil belajar peserta didik, dan respon peserta didik. Subyek penelitian adalah 30 peserta didik Tata Kecantikan Kulit dan Rambut di SMK Negeri 1 Lamongan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode validasi media video, metode tes hasil belajar, dan metode angket respon. Analisis data menggunakan presentase kelayakan untuk kelayakan media pembelajaran, dan rata-rata untuk hasil belajar peserta didik dan respon peserta didik.
Berdasarkan hasil analisis data kelayakan media pembelajaran video, diperoleh kriteria sangat baik yaitu dengan presentase kelayakan 94%. Data hasil belajar tata rias wajah cikatri menggunakan media video pada ranah pada ranah afektif memperoleh kriteria baik dengan rata-rata 90,4, kognitif memperoleh kriteria baik dengan rata–rata 88,3, dan pada ranah psikomotor juga memperoleh kriteria baik dengan rata-rata 89,2. Sedangkan nilai rata-rata total dari ranah kognitif, psikomotor dan afektif yaitu 89,3. Respon peserta didik terhadap penggunaan media video adalah baik dengan memperoleh rata–rata sebesar 4,4. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video sebagai media pembelajaran dapat membantu peserta didik untuk memperoleh nilai di atas KKM dan mencapai hasil belajar yang sangat memuaskan.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Video, Hasil Belajar
Learning media is a distributor of messages from the sender to the recipient in the learning process. The learning media used in this research is video mediaThis study aims to determine: 1) the feasibility of video learning media in basic competencies cikatri make up, 2) student learning outcomes on the use of video learning media in basic competencies cikatri make up, 3) student responses to the development of video learning media in basic competencies cikatri make up.
This research using the One Shoot Case Study research design. The data obtained is in the form of validating the feasibility of video learning media, student learning outcomes, and student responses. The research subjects were 30 cosmetology students at SMK Negeri 1 Lamongan. Data collection methods used are video media validation method, learning achievment test method, and response questionnaire method. The data analysis uses the average management of learning media feasibility, student learning outcomes, and student responses.
Based on the results of the feasibility data analysis of video learning media, good criteria were obtained, with an a eligibility presentation of 94%. Data on learning outcomes for cikatri make up using video learning media in the affective realm obtained good criteria with an average of 90,4, the cognitive realm obtained good criteria with an average of 88,3, and the psychomotor realm obtained good criteria with an average of 89,2. While the total average value of cognitive, psychomotor and affective is 89,3. Student response to the development of video learning media was good by obtaining an average of 4.4. It can be concluded that the use of video media as a learning medium can help students to obtain scores above the KKM and achieve very satisfying learning outcomes.
Keywords : Video Learning Media, Learning Outcomes