Perancangan Media Kampanye Sosial Pengatur Keuangan Harian Mahasiswa Unesa
Designing A Social Media Campaign For The Daily Financial Management Of Unesa Students
Perancangan media kampanye sosial tentang mengatur keuangan harian mahasiswa Unesa adalah salah satu penelitian yang melibatkan mahasiwa desain dengan pengelolaan keuangan hariannya.Permasalahan utama karena mahasiswa yang menerima uang saku bulanan terkadang kurang untuk mencukupi kebutuhan dikarenakan ada masalah mendadak yang mengharuskan untuk mengeluarkan uang yang lebih.Demi menyelamatkan uang saku yang sudah diberikan,muncul solusi yakni membuat budget planner dan saving wall board untuk menyimpan sisa uang harian mereka.Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis data 5w + 1h membantu menemukan metode yang tepat untuk merancang media kampanye tersebut.Dengan kampanye sosial ini diharapkan mahasiswa sudah menemukan pemecahan masalah yang tepat guna dan bermanfaat untuk kesehatan keuangan harian.
Designing a social campaign’s media about managing the daily financials of Unesa students is one of the studies that involves design students with their daily financial management. The main problem is because students who receive monthly allowances are sometimes lacking to make ends meet because there are sudden problems that require spending more money. Given pocket money, a solution has emerged that is making a budget planner and saving wall board to save the rest of their daily money. Descriptive qualitative research method with data analysis methods 5w + 1h help find the right method for designing the campaign media. With this social campaign students are expected to have found a solution to the problem appropriate and beneficial for daily financial health.