Pemahaman Siswa SMP tentang Konsep Fungsi Ditinjau dari Perbedaan Gender
Middle School Students' Understanding of the Concept of Function Reviewed from Gender Differences
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa SMP perempuan feminim dan laki-laki maskulin tentang konsep fungsi. Jenis penelitian ini adalah eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam berdasarkan jawaban siswa dalam menyelesaikan TPKF yang dilakukan secara online menggunakan Google Meet. Data divalidasi menggunakan triangulasi waktu untuk selanjutnya dianalisis. Simpulan penelitian ini: (1) Pemahaman siswa SMP perempuan feminim pada kategori: interpreting, mampu merepresentasikan informasi yang diberikan kedalam tiga bentuk: pasangan berurutan, diagram panah dan diagram kartesius dengan benar; exemplifying, mampu membuat tiga contoh relasi dalam bentuk diagram panah, pasangan terurut, koordinat Cartesius yang merupakan fungsi dan bukan fungsi dengan benar; classifying, mampu mengkategorikan dan memberikan alasan mengategorikan dengan benar, relasi dalam bentuk diagram panah, pasangan terurut, koordinat Cartesius yang merupakan fungsi dan bukan merupakan fungsi; summarizing, mampu meringkas dengan menyebutkan ciri-ciri relasi dalam bentuk diagram panah, pasangan terurut yang merupakan fungsi dengan benar, namun tidak pada koordinat Cartesius yang merupakan fungsi; inferring, tidak mampu menyimpulkan fungsi dari himpunan A ke himpunan B dengan benar; comparing, mampu membandingkan dengan benar relasi dari himpunan A ke himpunan B yang merupakan fungsi dan bukan fungsi melalui ciri-ciri yang dimiliki relasi dari himpunan A ke himpunan B; explaining pada permasalahan 7b, 7c, 7d, 7e, 7f, mampu menentukan dan menjelaskan dengan benar suatu relasi dalam bentuk diagram panah merupakan fungsi atau bukan fungsi setelah ada perubahan pada relasi awal, tetapi tidak pada permasalahan 7a. (2) Pemahaman siswa SMP laki-laki maskulin pada kategori: interpreting, tidak mampu merepresentasikan informasi yang diberikan dengan benar; exemplifying, mampu membuat tiga contoh relasi dalam bentuk diagram panah yang merupakan fungsi namun penulisannya kurang tepat. Tidak mampu membuat tiga contoh relasi dalam bentuk diagram panah yang bukan merupakan fungsi dengan benar. Mampu membuat tiga contoh relasi dalam bentuk pasangan terurut yang merupakan fungsi dan bukan fungsi dengan benar namun penulisannya kurang tepat. Mampu membuat tiga contoh relasi dalam bentuk koordinat Cartesius yang merupakan fungsi dengan benar. Tidak mampu membuat tiga contoh relasi dalam bentuk koordinat Cartesius yang bukan merupakan fungsi dengan benar; classifying, mampu mengkategorikan relasi dalam bentuk diagram panah, pasangan terurut yang merupakan fungsi dan bukan fungsi dengan benar. Namun hanya benar dalam memberikan alasan mengkategorikan relasi dalam bentuk diagram panah yang merupakan fungsi; summarizing, tidak mampu meringkas dengan menyebutkan ciri-ciri relasi dalam bentuk diagram panah, pasangan terurut, koordinat Cartesius yang merupakan fungsi dengan benar; inferring, tidak mampu menyimpulkan fungsi dari himpunan A ke himpunan B dengan benar; comparing, tidak mampu membandingkan relasi dari himpunan A ke himpunan B yang merupakan fungsi dan bukan fungsi dengan benar; explaining pada permasalahan 7a, 7c, 7e, 7f, mampu menentukan suatu relasi dalam bentuk diagram panah yang merupakan fungsi atau bukan fungsi setelah adanya perubahan relasi awal, tetapi tidak pada permasalahan 7b, 7d. Hanya mampu menjelaskan suatu relasi dalam bentuk diagram panah yang bukan merupakan fungsi untuk permasalahan 7f dengan benar. (3) Ada pengaruh perbedaaan gender terhadap pemahaman.
This study aims to describe the understanding of feminine female and masculine male junior high school students on the concept of function. The research design is exploratory with a qualitative approach. In this study, the data was collected through in-depth interviews based on the students' answers in completing TPKF conducted online using Google Meet. The data were validated using time triangulation, which were then analyzed. The conclusions of this study are presented as follows: (1) The feminine female subject’s understanding in the category of: interpreting, able to correctly represent the information given in three forms: consecutive pair, arrow diagram, and cartesian diagram; exemplifying, able to make three examples of relationships which are functions and not functions in the form of arrow diagrams, ordered pairs, and Cartesian coordinate; classifying, able to categorize and give justification correctly to the relationships which are functions and not functions in the form of arrow diagrams, ordered pairs, and Cartesian coordinates; summarizing, able to summarize by correctly stating the characteristics of relations which are functions in the form of diagram arrows and ordered pairs, but not in Cartesian coordinates; inferring, unable to deduce of function from set A to set B correctly; comparing, able to correctly compare the relations from set A to set B which are functions and not functions through the characteristics of the relations from set A to set B. In explaining problems 7b, 7c, 7d, 7e, 7f, able to determine and explain a relation which is a function or not function in the form of arrow diagrams correctly after the initial relation had been changed in the problems, except for problem 7a. (2) The understanding of the masculine male subject’s in the category of: interpreting, unable to represent the information given correctly; exemplifying, able to make three examples of relationships in the form of arrow diagrams which are functions, although with unprecise writings, but unable to correctly make three examples of relationships that are not functions in the form of arrow diagrams. Able to make three examples of relationships in the form of ordered pairs, which are functions and not functions correctly, though the writing was not precise. Able to make three examples of relationships in the form of Cartesian coordinates, which are functions correctly. Unable to make three correct examples of relationships in the form of Cartesian coordinates that are not functions; classifying, able to categorize relationships in the form of arrow diagrams and ordered pairs that are functions and not functions correctly. However, he could only give reasons for the arrow diagram which is a function; summarizing, unable to summarize the characteristics of relationships in the form of arrow diagrams, ordered pairs, and Cartesian coordinates, which are functions correctly; inferring, unable to deduce of function from set A to set B correctly. In comparing, he failed to compare relationships from set A to set B, which are functions and not functions correctly; and lastly, in explaining problems 7a, 7c, 7e, and 7f, able to determine a relationship in the form of arrow diagrams which are functions or not functions after a change in the initial relationship, but not on problems 7b, 7d. He could only explain a relation in the form of an arrow diagram which is not a function of the 7f problem correctly. (3) There is an influence of gender differences in the understanding of the concept of function.