Motivasi Konsumen dan Kualitas Layanan Dalam Menggunakan Jasa Luxury Wedding Decoration
Consumer Motivation and Service Quality in Using Luxury Wedding Decoration Services
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian dekorasi pernikahan mewah, (2) pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian dekorasi pernikahan mewah. Penelitian ini adalah penelitian konklusif. Non-probability sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel dengan metode sensus pada 122 responden. Responden adalah konsumen yang sudah membeli, yang membuat keputusan sendiri dalam pembelian di Garda dekorasi pada tahun 2018 hingga April 2019. Distribusi kuesioner dilakukan secara online menggunakan google form. Skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil juga menunjukkan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh yang lebih besar pada keputusan pembelian dibandingkan dengan motivasi konsumen.
This study aims to determine: (1) the influence of consumer motivation on luxury wedding decoration purchasing decisions, (2) the effect of service quality on luxury wedding decoration purchase decisions. This research is conlusive research. Non-probability sampling is used as sampling technique with census method on 122 respondents. The respondents are consumers who have already bought, who made their own decisions in purchasing at Garda decoration in 2018 until April 2019. Distribution questionnaires were done online using google form. The measurement scale in this study used a Likert scale. The statistiscal analysis used is multiple linear regression analysis with SPSS 23. The results of the study indicated that the variable consumer motivation has a positive and significant effect on purchasing decisions, and service quality has a positive and significant influence on purchasing decisions. The resuls also show that service quality has a greater influence on purchase decision compared to consumer motivation.