ABSTRAK
Sintha Eka
Ashari. 2023. Pengembangan Modul Ajar IPA
Berbasis Problem Based Learning (PBL) Materi Pencemaran Lingkungan untuk
Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik. Tesis, Program Studi S-2 Pendidikan Sains,
Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Fida
Rachmadiarti, M.Kes. dan (II) Prof. Dr. Nuniek Herdyastuti, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan modul ajar IPA berbasis Problem
Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan literasi sains peserta
didik. Modul ajar yang dikembangkan adalah alur tujuan pembelajaran (ATP),
modul ajar IPA dan instrumen tes literasi sains. Model pengembangan yang digunakan yakni model pengembangan 4-D. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui validasi, observasi, instrumen tes literasi
sains dan angket. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan
dinyatakan layak secara validitas, kepraktisan, dan keefektifan. (1) Validitas
menunjukkan bahwa modul ajar valid dan reliabel. (2) Kepraktisan ditinjau dari
keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan kategori sangat baik dengan skor modus
4 pada masing-masing kelas. Aktivitas peserta didik masuk kategori sangat
aktif, serta kendala yang dihadapi ketika proses pembelajaran dapat
diselesaikan dengan baik.
(3) Keefektifan pembelajaran ditinjau dari tes keterampilan literasi
sains kelas IX A, IX B, IX C dengan skor n-gain
masing-masing mendapatkan skor 0,76; 0,79; 0,81. Uji normalitas tiap kelas
didapatkan nilai sig. < 0,05 dan uji non parametrik didapatkan nilai sig.
> 0,00. Berdasarkan uji statistik yang dihasilkan, menunjukkan peningkatan
keterampilan literasi sains peserta didik. Sedangkan berdasarkan hasil angket
respon peserta didik terkait dengan aspek proses pembelajaran dan aspek
penggunaan modul ajar dikategorikan sangat menarik. Melihat hasil validitas,
kepraktisan dan keefektifan dapat disimpulkan bahwa modul ajar IPA berbasis PBL
dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik.
Kata
Kunci : Modul Ajar IPA, PBL, Keterampilan Literasi Sains