Strategi Humas di SMK IPIEMS Surabaya dalam Meningkatkan Citra dan
Kepercayaan Publik pada Masa Pandemi Covid-19
Public Relations Strategy at SMK IPIEMS Surabaya in Improving Image and Public Trust during the Covid-19 Pandemic
Pandemi COVID-19 berdampak besar pada sektor pendidikan. Penerapan jarak pembelajaran (PJJ) telah membuat siswa dan orang tua khawatir tidak mendapatkan pendidikan yang layak. Ini terpisah kendala bagi sekolah kejuruan yang harus mengeluarkan banyak pembelajaran kejuruan produktif dengan praktek. di dalam Dalam hal ini, Humas dituntut untuk membuat strategi baru untuk menjaga kualitas dan daya saingnya. Pelajaran ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kehumasan dalam meningkatkan hubungan positif citra dan kepercayaan publik selama pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil studi menunjukkan bahwa strategi SMK IPIEMS dalam keberhasilannya meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat selama Pandemi COVID-19 gencar digencarkan melalui berbagai cara, yaitu melalui program-program unggulan yang melibatkan eksternal, media sosial, selain itu meningkatkan loyalitas mahasiswa dan alumni untuk merekomendasikan sekolah. Faktor pendukungnya adalah 1) Kesadaran akan pentingnya peran teknologi dalam pendidikan jauh sebelum Pandemi COVID -19, 2) Dukungan yang harmonis dan sinergis dari kepala sekolah dan rekan sejawat (wakasek dan kaproli) dalam merencanakan pelaksanaan program kehumasan. Faktor penghambat untuk mencapai tujuan humas merupakan masalah umum yang dialami oleh hampir semua sekolah.
The COVID-19 pandemic has had a major impact on the education sector. The implementation of distance
learning (PJJ) has made students and parents worried about not getting a proper education. This is a separate
obstacle for vocational schools that have to spend a lot of productive vocational learning with practice. in this
case, Public Relations is required to create a new strategy to maintain its quality and competitiveness. This study
aims to find out how the strategies and factors that support and hinder public relations in increasing a positive
image and public trust during the COVID-19 pandemic. The method used in this research is descriptive
qualitative. Data collection techniques with interviews, observation, and documentation. The results of the study
show that the IPIEMS Vocational School's strategy in its success in increasing public image and trust during the
COVID-19 pandemic is intensively promoting through various ways, that are through superior programs that
involve external, social media, in addition increasing the loyalty of students and alumni to recommend the
school. The supporting factors are 1) Awareness of the important role of technology in education long before the
COVID pandemic -19, 2) Harmonious and synergistic support from school principals and colleagues (wakasek
and kaproli) in planning the implementation of public relations programs. The inhibiting factor for achieving
public relations goals is a common problem experienced by almost all schools.