Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar terstruktur yang terintegrasi dalam bentuk E-learning. Dengan bahan ajar berbasis situs ini yang akan diajarkan disampaikan dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Surabaya Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Merupakan pengembangan (Penelitian dan Pengembangan). Tahap penelitian meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) pembuatan produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) penggunaan percobaan, (7) revisi produk, (8) produksi. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan Kejuruan Sekolah 2 Surabaya Tahun Ajaran 2018-2019, dengan sampel siswa kelas X TKJ 1 dan kelas X TKJ 2. Hasil penelitian ini dengan persentase kelayakan produk (1) Studi produk dari guru SMK Negeri 2 Surabaya dan Dosen Teknik Informatika UNESA mencapai 91,25% dengan kategori yang tepat untuk diuji pada siswa, (2) Penilaian Pertanyaan dari Dosen Teknik Informatika UNESA mencapai 78% dengan kategori yang sesuai untuk diuji pada siswa, (3) berdasarkan hasil nilai siswa di kelas X TKJ 1 dan kelas X tes anova TKJ 2 dilakukan dengan nilai Fhitung sebesar 168,181 menggunakan α = 5%, df 1 (jumlah variabel-1) = 1, dan df2 (n-2) = 70, hasil yang diperoleh Ftabel sebesar 3,98. Fhitung> Ftabel (168,181> 3,98), dapat disimpulkan bahwa tolak 𝐻0 dan terima 𝐻1 = Hasil belajar siswa yang menggunakan media yang terintegrasi pada pembelajaran berbasis situs web lebih baik daripada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran yang terintegrasi pada situs web
Kata Kunci: Media pembelajaran Website, Pemrograman Dasar dan Uji Anova One Way
This research aims to develop structured teaching materials that are integrated in the form of E-learning. With this website-based teaching material that will be taught well delivered and learning objectives can be achieved so as to improve student learning outcomes. This research was conducted at SMK Negeri 2 Surabaya Department of Computer and Network Engineering. Is a development (Reseach and Development). The research phase includes (1) potentials and problems, (2) data collection , (3) product manufacture, (4) design validation, (5) design revision, (6) trial use, (7) product revision, (8) production. The research population was class X students of Computer Engineering and Network Vocational School 2 Surabaya in Academic Year 2018-2019, with a sample of students in class X TKJ 1 and class X TKJ 2. The results of this study with the percentage of product feasibility (1) The study of products from SMK Negeri 2 Surabaya teachers and UNESA Informatics Engineering Lecturers reached 91.25 % with the proper category to be tested on students, (2) The Assessment of Questions from UNESA Informatics Engineering Lecturers reached 78 % with the appropriate category to be tested on students, (3) based on the results of student grades in class X TKJ 1 and class X TKJ 2 anova test was performed with a Fcount value of 168.181 using α = 5%, df 1 (number of variables-1) = 1, and df2 (n-2) = 70, the results obtained Ftable of 3.98. Fcount > Ftable (168.181> 3.98), it can be concluded that rejecting 𝐻0 and accepting 𝐻1 = Student learning outcomes using media that are integrated on website based learning are better than student learning outcomes that do not use learning media integrated on the website. Keywords: Website learning media, Basic Programming and Anova One way Test