Abstrak
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN
SENI BUDAYA MATERI MENGGAMBAR FLORA, FAUNA, DAN ALAM BENDA BAGI SISWA KELAS VII
MTs. NYAI H. ASHFIYAH SURABAYA
Nama :
Muhammad Rino Baktiar
NIM :
160100240 72
Program Studi : S-1
Jurusan :
Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Fakultas : Fakultas Ilmu
Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd .
Perkembangan teknologi masa kini semakin pesat, pada dunia pendidikan
setiap guru dituntut dapat memanfaatkan teknologi berupa komputer pada materi
yang diajarkan kepada peserta didik yaitu sebagai media pembelajaran di
kelas.terutama pada materi menggambar flora fauna dan alam benda yang dimana pada beberapa peserta didik masih
memiliki nilai dibawah KKM, materi ini menuntut peserta didik untuk dapat
menjelaskan teknik / cara menggambar pada pembelajaran tersebut. Kurangnya
visualisasi dan penguatan membuat penyampaian materi pada peserta didik kurang
maksimal, terlebih lagi kekurangan pada alokasi waktu karena terlalu singkatnya
waktu pada mata pelajaran tersebut, peneliti lebih mengembangkan media
multimedia interaktif, yang dimana visualisasi dan penjelasan dapat dilakukan
lebih jelas dan dapat diakses kemanapun untuk peserta didik.peneliti memilih
mengembangkan multimedia interaktif pada materi ini untuk mengatasi masalah
tersebut. Adapun tujuan dari penelitian pada penelitian ini yaitu mengetahui
kelayakan dari multimedia interaktif yang telah dikembangkan sesuai dengan tujuan
dan karakteristik materi menggambar flora fauna dan alam benda pada mata
pelajaran seni budaya kelas VII di MTs Nyai H. Ashfiyah surabaya. Metode
penelitian yang digunakan dari peneliti adalah penelitian pengembangan model Research and development (RnD). Terdapat
sepuluh tahapan pada RnD yang telah
disesuaikan menjadi enam tahapan dalam penelitian ini yaitu perencanaan,
pengembangan produk, uji coba awal, validasi produk, dan revisi. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunaan cara teknik observasi, wawancara, dan angket.
Analisis data angket menggunakan uji kelayakan desain pembelajaran (RPP) adalah
sebesar 85%, uji kelayakan materi menggambar flora fauna dan alam benda adalah
sebesar 90% dan uji kelayakan media multimedia interaktif adalah sebesar 95%. Dari
ketiga hasil tersebut termasuk dalam kriteria penilaian yang sangat layak.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif materi
menggambar flora fauna dan alam benda telah layak dan dapat digunakan dalam
kegiatan pembelajaran peserta didik kelas VII di MTs Nyai H. Ashfiyah Surabaya.
Kata Kunci: pengembangan, multimedia interaktif, menggambar flora fauna dan alam benda