PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
THE EFFECT OF THE SCIENTIFIC APPROACH IN HISTORY LEARNING ON STUDENTS' CRITICAL THINKING SKILLS
Penelitian ini membahas tentang pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di SMAN 20 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode eksperimen dengan desain One-Shot Case Study. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini meliputi lembar keterlaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik, lembar angket penerapan pendekatan saintifik, dan lembar tes keterampilan berpikir kritis siswa. Cluster sampling dengan pendekatan proportionate random sampling digunakan untuk mendapatkan jumlah sampel sebanyak 42 siswa dari 2 kelas XI IPS SMAN 20 Surabaya. Analisa data menggunakan uji One Sampel t – test didapatkan hasil perhitungan sebesar 9.917 > 2.020 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 yang menunjukkan hubungan diantara 2 variabel. Perolehan dari nilai sebesar 9.917 menunjukkan respon yang positif dalam pengujiannya. Dapat disimpulkan bahwa Ha dapat diterima dan H0 ditolak dan dapat dikatakan bahwa pendekatan saintifik berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sejarah.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
This study discusses the effect of the scientific approach in learning history on critical thinking skills of students at SMAN 20 Surabaya. This research uses quantitative research with an experimental method approach with One-Shot Case Study. Data collection techniques in this study included sheets of the implementation of scientific approach learning, questionnaires on the application of scientific approaches, and student critical thinking skills test sheets. Cluster sampling with a proportionate random sampling was used to obtain a total sample of 42 students from 2 class XI IPS SMAN 20 Surabaya. Analysis of the data using the One Sample t - test, the calculation results obtained are 9917 > 2.020 with a significance value of 0.000 < 0.05 which shows the relationship between the two variables. The acquisition of a value of 9917 indicates a positive response in the test. It can be concluded that Ha can be accepted and H0 is rejected and it can be said that the scientific approach has an effect on students critical thinking skills in learning history.
Keywords: Scientific Approach, Students' Critical Thinking Skills