Berfikir kritis menjadi salah satu keterampilan yang harus dimiliki di abad 21. Berfikir kritis atau Critical Thinking merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa SMK sehingga materi yang disampaikan dan praktikum yang diajarkan mudah untuk dipahami. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui kelayakan pengembangan modul pembelajaran berbasis materi cisco packet tracer pada mata pelajaran teknologi layanan jaringan di kelas XI TKJ SMKN 1 Pungging (2) Mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan modul berbasis Online Moodlecloud berbantu cisco packet tracer dengan yang menggunakan media Powerpoint (3) Mengetahui tingkat Critical Thinking pada siswa. Metode Penelitian yang digunakan quasi experimental design dengan tipe non-equivalent control group design melibatkan XI TKJ 1 sebanyak 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dan XI TKJ 3 sebanyak 33 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode penelitian pengembangan yang digunakan ialah Waterfall menurut Pressnan (2015) dengan 5 tahapan. Teknik pengumpulan data melalui validasi modul, soal tes dan angket Critical Thinking yang telah divalidasi ahli. Teknik analisa data hasil belajar menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil validasi kelayakan modul yang dikembangkan dengan software articulate storyline 3 telah divalidasi oleh ahli memperoleh prosentase rata-rata sebesar 90% sehingga modul sangat layak digunakan. Hasil pengujian tes belajar menunjukkan bahwa hasil belajar kelas XII TKJ 1 yang menggunakan modul berbasis Online Moodlecloud memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa XI TKJ 3 yang menggunakan media berupa Powerpoint. Hasil pengujian uji-t diperoleh nilai t-hitung sebesar 5.153 > t tabel 1.99714 serta Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Hasil pengujian angket Critical Thinking diperoleh nilai lebih tinggi pada kelas eksperimen dengan rata-rata 81,8% dengan 18 siswa memiliki Critical Thinking tinggi dan kelas kontrol memperoleh rata-rata 76,3 % dengan 4 siswa memiliki Critical Thinking tinggi.
Kata Kunci: Cisco Packet Tracer, Moodlecloud, Articulate Storyline 3, Hasil Belajar, Critical Thinking
Critical thinking is one of the skills that must be possessed in the 21st century. Critical thinking is an ability that must be possessed by vocational students so that the material presented and the practicum taught are easy to understand. The objectives of this study were (1) Knowing the feasibility of developing a learning module based on Cisco packet tracer material in the subject of network service technology in class XI TKJ SMKN 1 Pungging (2) Knowing the differences in student learning outcomes using online Moodlecloud-based modules assisted by Cisco packet tracer with using Powerpoint media (3) Knowing the level of Critical Thinking in students. The research method used was a quasi experimental design with the type of non-equivalent control group design involving 34 students as XI TKJ 1 as the experimental group and 33 students as the control group XI TKJ 3. The development research method used is Waterfall according to Pressnan (2015) with 5 stages. Data collection techniques through module validation, test questions and Critical Thinking questionnaires that have been validated by experts. The technique of analyzing learning outcomes data uses the Independent Sample T-Test. The results of the feasibility validation of the module developed with the Articulate Storyline 3 software have been validated by experts, obtaining an average percentage of 90% so that the module is very suitable for use. The results of the learning test showed that the learning outcomes of class XII TKJ 1 using the Online Moodlecloud-based module had a higher average value than the learning outcomes of XI TKJ 3 students who used Powerpoint media. The t-test results obtained t-value of 5.153> t table 1.99714 and Sig. (2-tailed) of 0.000 <0.05 so that there is a significant difference in learning outcomes. The results of testing the Critical Thinking questionnaire obtained a higher score in the experimental class with an average of 81.8% with 18 students having high critical thinking and the control class obtaining an average of 76.3% with 4 students having high critical thinking.
Keywords: Cisco Packet Tracer, Moodlecloud, Articulate Storyline 3, Learning Outcomes, Critical Thinking