GAMBARAN RELIGIUSITAS PENYINTAS BULLYING PADA REMAJA MADURA YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN
RELIGIUSITY DESCRIPTION OF BULLYING SURVIVAL IN MADURA ADOLESCENTS LIVING IN BORDING SCHOOLS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran religiusitas dan dimensinya dalam membentuk kemampuan pada penyintas bullying di Pondok pesantren. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalaui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis melalu teknik analisis tematik. Partisipan dalam penelitian ini adalah tiga remaja Madura sebagai penyintas bullying di salah satu pondok pesantren di Kabupaten Bangkalan. Dengan mengacu pada Dimensi religiusitas yang dikembangkan oleh Stark & Glock, ketiga partisipan dapat membentuk kemampuan pada penyintas bullying di Pondok pesantren.
Kata kunci : Religiusitas, Bullying, Remaja Madura.
This study aims to determine the role of religiosity and its dimensions in shaping the ability of survivors of bullying at Islamic boarding schools. This research was conducted using a qualitative approach with a case study method. Data were obtained through semi-structured interviews and analyzed through thematic analysis techniques. The participants in this study were three Madurese teenagers who were survivors of bullying at an Islamic boarding school in Bangkalan Regency. By referring to the religiosity dimension developed by Stark & Glock, the three participants were able to build the ability of survivors of bullying at Islamic boarding schools.
Keywords : religiosity, bullying, Madurese adolescent.