ANALISIS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DESA TAPELAN KECAMATAN NGRAHO KABUPATEN BOJONEGORO
ANALYSIS OF POPULATION ADMINISTRATION SERVICES IN TAPELAN VILLAGE, NGRAHO DISTRICT, BOJONEGORO DISTRICT
ABSTRAK
Kualitas pelayanan dibutuhkan untuk mencapai kepuasan pelanggan. Dengan adanya kualitas, berarti pemberi layanan harus memenuhi harapan-harapan pemohon layanan dan memuaskan kebutuhan mereka. Berdasarkan observasi awal ditemukan bahwa masyarakat Desa Tapelan tidak mendapat kepastian durasi pelayanan administrasi kependudukan. Selain itu, kurangnya sarana dan prasana, minimnya jumlah perangkat desa yang mampu mengoperasikan komputer, menjadikan pelayanan terhambat turut menjadi daya Tarik dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Desa Tapelan Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun narasumber penelitian ini diantaranya adalah warga dan Perangkat Desa Tapelan Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengolah hasil wawancara, mendokumentasikan serta observasi untuk memperkaya data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan lima indikator penilaian kinerja pelayanan, menyatakan bahwa kinerja pelayanan administrasi kependudukan di Desa Tapelan belum optimal. Hal ini tampak dari minimnya ketersediaan sarana dan prasana termasuk sarana informasi tentang alur dan persyaratan pelayanan, belum adanya SOP Pelayanan, tidak adanya pembagian kerja karena tidak semua Perangkat Desa Tapelan mampu mengoperasikan komputer, memungkinkan ketidaktelitian kerja sehingga berpotensi adanya pengulangan pekerjaan. Untuk itu sangat perlu ditingkatkan agar terwujud kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi pelayanan di Desa Tapelan Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Administrasi Desa, Kepuasan Masyarakat