PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO SWAP_PAJAMAS DI SHOPEE
THE INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY, PRICE AND PROMOTION ON PURCHASE DECISIONS AT SWAP_PAJAMAS STORES ON SHOPEE
Baju tidur merupakan salah satu jenis pakaian rumah yang banyak dicari pada saat pandemi virus corona. Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada toko swap_pajamas di shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 503.000 pengikut akun instagram @swap_pajamas. Untuk menentukan banyaknya sampel menggunakan teknik purposive sampling dan dihitung menggunakan rumus slovin. Setelah dihitung diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Peneliti menggunakan kuisioner untuk mendapatkan data yang disebar secara online melalui google form. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 25 dengan menggunakan teknik analisis uji rgeresi linier berganda. Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara parsial variabel kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan pada variabel harga secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Serta pada variabel promosi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara simultan kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Secara simultan kualitas produk, harga dan promosi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada toko swap_pajamas di shopee.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian
Nightgowns are one of the most sought-after types of home clothes during the corona virus pandemic. The purpose of this study was to determine the effect of product quality, price and promotion on purchasing decisions at the swap_pajamas shop at shopee. This study is a quantitative study with a population of 503,000 followers on the Instagram account @swap_pajamas. To determine the number of samples using purposive sampling technique and calculated using the Slovin formula. After counting obtained a sample of 100 respondents. Researchers used questionnaires to get data distributed online via google form. The data obtained were processed using SPSS 25 using multiple linear regression analysis techniques. The results of the study explain that partially the product quality variable has no effect on purchase decision. While the price variable partially affects the purchase decision. And the promotion variable partially influences purchasing decisions. Simultaneously product quality, price and promotion have a positive effect on purchasing decisions. Simultaneously product quality, price and promotion have a positive effect on purchasing decisions at the swap_pajamas shop at shopee.
Keywords: Product quality, price, promotion, purchase decision