Penerapan Pembelajaran Hybrid pada Mata Pelajaran PembuatanSulaman Aplikasi di SMK Negeri 2 Jombang
AbstrakModel pembelajaran hybrid merupakan salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan pada kompetensi dasarmembuat sulaman aplikasi dalam suatu produk. Model pembelajaran ini merupakan salah satu alternatif modelpembelajaran pada masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah: 1.) Untuk mengetahui prosespembelajaran hybrid pada mata pelajaran pembuatan sulaman aplikasi, 2.) Untuk mengetahui hasil penerapanpembelajaran hybrid pada mata pelajaran pembuatan sulaman aplikasi, 3.) Untuk mengetahui hasil belajarpembuatan sulaman aplikasi setelah di terapkan pembelajaran hybrid. Jenis penelitian yang digunakan deskriptifkuantitatif dengan desain peneliatian Desain one-shot case study yang dilakukan pada kelas XI Busana-4 SMKNegeri 2 Jombang. Metode pengumpulan data dengan observasi. Keterlaksanaan penerapan model pembelajaranhybrid pada kompetensi dasar membuat sulaman aplikasi menunjukkan kualitas sangat baik.Kata Kunci: Model Pembelajaran Hybrid, Hasil Belajar.
AbstractThe hybrid learning model is one of the learning that can be applied to the basic competencies of makingapplication embroidery in a product. This learning model is one of the alternative learning models during theCOVID-19 pandemic. The objectives of this study are: 1.) To find out the hybrid learning process in the subjectof making application embroidery, 2.) To find out the results of applying hybrid learning in the subject ofmaking application embroidery, 3.) To find out the learning outcomes of making application embroidery afterapplying hybrid learning. The type of research used is descriptive quantitative with a research design One-shotcase study design conducted in class XI Busana-4 SMK Negeri 2 Jombang. Method of data collection byobservation. The implementation of the hybrid learning model on basic competencies makes applicationembroidery show excellent quality.