VARIASI BAHASA SLOGAN DALAM IKLAN SITUS BELANJA DARING TOKOPEDIA : KAJIAN SOSIOLINGUISTIK
VARIATION OF SLOGAN LANGUAGE IN TOKOPEDIA ONLINE SHOPPING SITE ADVERTISING: SOCIOLINGUISTIC STUDY
Seiring kemajuan teknologi, aplikasi serta situs web berkembang pesat sejalan dengan percepatan akses internet serta kemajuan teknologi telekomunikasi. Salah satu sektor yang merasakan dampak adanya perkembangan teknologi adalah bidang ekonomi dan bisnis. Belanja daring menjadi alternatif cara berbelanja yang banyak diminati masyarakat. Alasan belanja daring banyak diminati masyarakat adalah kemudahan sistem belanja yang menggunakan aplikasi situs belanja tanpa harus datang ke tempat. Situs belanja daring lahir sebagai media digital yang mempertemukan antara pembeli dan penjual. Situs belanja daring tokopedia menjadi salah satu favorit masyarakat untuk belanja daring. Tokopedia menjadi situs belanja daring dengan jutaan pengguna aktif. Salah satu cara promosi untuk mengaet pengguna aktif serta memperkenalkan porduk mereka adalah dengan membuat fitur iklan yang memuat berbagai slogan. Situs belanja daring tokopedia menggunakan berbagai ragam variasi bahasa sebagai strategi promosi dan sarana publikasi mereka. Namun pada kenyataannya masyarakat tidak sepenuhnya mengerti maksud dari berbagai bentuk variasi bahasa slogan dan fungsi variasi bahasa slogan dalam iklan tokopedia tersebut. Artikel ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bentuk variasi bahasa slogan dalam iklan situs belanja tokopedia dan mendesksripsikan fungsi variasi bahasa slogan dalam iklan situs belanja tokopedia. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mendeskripsikan hasil penelitian berupa bentuk variasi bahasa slogan dalam iklan situs belanja tokopedia dan mendeskripsikan fungsi variasi bahasa slogan dalam iklan situs belanja tokopedia. Data dalam artikel ini berupa kata-kata slogan dalam iklan yang diunggah oleh situs belanja tokopedia. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi yang mencakup data yang sudah tersedia. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif guna mendeskripsikan bentuk variasi bahasa serta fungsi variasi bahasa slogan dalam iklan situs belanja daring tokopedia.
Kata Kunci: situs belanja, slogan, variasi bahasa
As technology advances, applications and websites are growing rapidly along with the acceleration of internet access and the advancement of telecommunication technology. One of the sectors that feel the impact of technological developments is the economic and business fields. Online shopping is an alternative way of shopping that is much in demand by the public. The reason online shopping is much in demand by the public is the ease of a shopping system that uses shopping site applications without having to come to places. Online shopping sites were born as digital media that brings together buyers and sellers. Tokopedia online shopping site is one of the favorite people for online shopping. Tokopedia became an online shopping site with millions of active users. One way to promote active users and introduce their users is to create an advertising feature that contains various slogans. Online shopping site tokopedia uses a wide variety of languages as their promotional strategy and means of publication. But in reality the public does not fully understand the meaning of the various forms of variations in the language of slogans and the function of variations in the language of slogans in the tokopedia ads. This atikel aims to describe the form of slogan language variations in tokopedia shopping site ads and describe the function of slogan language variations in tokopedia shopping site ads. This article uses qualitative research method that describes the results of research in the form of slogan language variations in tokopedia shopping site ads and describes the function of slogan language variations in tokopedia shopping site ads. The data in this article is in the form of slogan words in ads uploaded by tokopedia shopping site. The method of data collection is done by documentation techniques that include the data that is already available. The data analysis method in this study uses descriptive method used to describe the form of variation and function of slogan language variation of tokopedia shopping site ads.
Keywords: shopping sites, slogans, language variations