Pengaruh Metode Hypnoteaching Menggunakan Permainan Kartu Hebat Terhadap Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun
The Effect of the Hypnoteaching Method Using Great Card Games on the Confidence of Children Aged 5-6 Years
Permasalahan yang seringkali dihadapi anak yaitu kemampuan rasa percaya diri anak yang masih kurang, sehingga perlu untuk distimulasi, karena hal ini akan berdampak pada saat usia dewasa kelak. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menstimulasi rasa percaya diri anak adalah metode hypnoteaching. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode hypnoteaching melalui kartu hebat terhadap percaya diri anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental dengan menggunakan non-equivalent control group design. Alat yang digunakan dalam penelitian ini observasi. Subjek penelitian adalah anak taman kanak-kanak kelompok B dengan jumlah keseluruhan 38 anak. pada peneltian ini, teknik pengumpulan data menggunakan observasi terstruktur dengan memakai lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan antara lain uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sampel T Test. Berdasarkan hasil penghitungan didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat diketahui ada pengaruh yang signifikan metode hypnoteaching menggunakan permainan Kartu Hebat terhadap rasa percaya diri anak anak kelompok B.
The problem that is often faced by children is the ability of children's self-confidence which is still lacking, so it needs to be stimulated, because this will have an impact on adulthood. One method that can be used to stimulate children's self-confidence is the hypnoteaching method. The purpose of this study was to determine whether there was an effect of the hypnoteaching method through the Great Card on the self-confidence of children aged 5-6 years. The method used is an experimental quantitative research method. The experimental design used is quasi-experimental using a non-equivalent control group design. The tool used in this research is observation. The research subjects were kindergarten children in group B with a total of 38 children. In this research, the data collection technique uses structured observation using an observation sheet. Data analysis techniques used include normality test, homogeneity test and hypothesis testing using the Independent Sample T Test. Based on the calculation results, the significance value (2-tailed) is 0.000 <0.05, that Ha is accepted and Ho is rejected. So it can be seen that there is a significant effect of the hypnoteaching method using the Great Card game on the self-confidence of the children of group B.