Mengajarkan Global Warming Menggunakan Millealab Virtual Reality
Teaching Global Warming with Millealab Virtual Reality
Virtual Reality (VR) adalah teknologi baru dalam pendidikan yang diterapkan pada proses pembelajaran. Perkembangan teknologi VR di bidang pendidikan mengalami beberapa masalah. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi Virtual Reality yang dikembangkan oleh Millealab. Millealab adalah platform untuk mengembangkan media VR dengan fitur yang lebih spesifik dan untuk menciptakan visualisasi realitas yang baik untuk mendukung proses belajar mengajar. Pengembangan media VR bernama “GoWarm with Millealab” telah dilakukan melalui proses penelitian, pembuatan, validasi, dan uji coba. Proses validasi dinilai oleh enam validator (dosen media fisika, guru fisika, dan pakar media) dan mendapatkan nilai rata-rata 87%. Dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berkategori baik dan sangat valid. Uji coba dilakukan secara terbatas melalui komunikasi online karena pandemi COVID-19. Hasil menunjukkan bahwa media dikategorikan sangat baik. Media pembelajaran “GoWarm with Millealab” berhasil dikembangkan untuk meningkatkan kesadaran pada isu Pemanasan Global. Pada penelitian selanjutnya, pengembangan media pembelajaran fisika berbasis VR perlu dilakukan dengan meningkatkan konten dan evaluasi.
Virtual Reality (VR) is a new technology in education applied to the learning process. The development of VR technology in education meets several problems. This research develop a learning media based on virtual reality technology developed by Millealab. Millealab is a platform for developing VR media with more specific features to create a good visualization of reality to support the teaching and learning process. The development of VR media named “GoWarm with Millealab” has been made through researching, creating, validating, and trial. The validation process was assessed by six validators (Physics media lecturers, Physics teachers, and media experts) and got an average score of 87%. It means the media is good and very valid. The trial was limited and conducted online because of the COVID-19 pandemic. The result shows that the media is categorized as very good. Indeed, “GoWarm with Millealab” received positive feedback from the respondents (20 High School Students). In brief, “GoWarm with Millelab” is successful developed to gain attention to Global Warming issues. Further research in VR-based physics learning media to be done by improving content and evaluation.