Pengaruh Kualitas Produk Berupa Bustier di Kelas XI Custom Made SMK Negeri 6 Surabaya Terhadap Kepuasan Konsumen
The Impact of Bustier Product Quality in Class XI Custom Made at SMK Negeri 6 Surabaya on Consumer Satisfaction
Kualitas produk dan kepuasan konsumen memiliki keterkaitan yang penting dalam konteks pembelajaran. Peserta didik perlu memahami bagaimana mereka mampu untuk menjamin produk yang mereka hasilkan itu berkualitas dan melayani konsumen sampai konsumen merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan kualitas produk bustier, 2) mendeskripsikan tingkat kepuasan konsumen produk bustier, dan 3) mengetahui adakah pengaruh antara kualitas produk bustier terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan uji korelasi. Objek penelitian ini yaitu 34 peserta didik kelas XI Custom Made SMK Negeri 6 Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan metode pengukuran dan kuisioner tertutup. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen pengukuran berupa instrumen penilaian produk bustier yang divalidasi oleh 2 ahli serta menggunakan metode kuisioner tertutup yang disusun berdasarkan teori dimensi kepuasan konsumen. Metode analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment dengan bantuan SPSS Statistic 25 dan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) penilaian kualitas bustier masuk ke dalam kategori baik dan sangat baik, 2) seluruh konsumen produk bustier sangat puas terhadap produk bustier, dan 3) pengaruh kualitas produk bustier terhadap kepuasan konsumen dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,015 < 0,05. Pearson correlation sebesar 0,412 menunjukan tingkat pengaruh dalam kategori sedang.
kata kunci : kualitas produk, kepuasan konsumen, bustier
Product quality and consumer satisfaction have an essential connection in the learning context. Students need to understand how they can guarantee the quality of the products they produce and serve consumers until they are satisfied. This study aims to: 1) describe the quality of bustier products, 2) define the level of customer satisfaction with bustier products, and 3) determine whether there is an impact between the quality of bustier products on consumer satisfaction. The study is quantitative research with a correlation test. The object of this research is 34 students of class XI Custom Made SMK Negeri 6 Surabaya. Methods of data collection using measurement methods and closed questionnaires. The research instrument used is a measurement tool in the form of a bustier product assessment instrument validated by two experts and a closed questionnaire method compiled based on the dimensions of customer satisfaction theory. The data analysis method uses the Pearson product-moment correlation test with the help of SPSS Statistics 25 and 5% of the significance level. The results of this study indicate that: 1) the assessment of bustier quality falls into the good and excellent categories, 2) all bustier product consumers are delighted with bustier products, and 3) the effect of bustier product quality on customer satisfaction with Sig. (2-tailed) of 0.015 <0.05. Pearson correlation of 0.412 shows the level of impact in the intermediate category.
Keywords: Product quality, Consumer satisfaction, Bustier