Development of Moodle Based Flipbook Online Module Learning Media for Class XII Multimedia TPAV Subjects at SMKN 10 Surabaya
Di era perkembangan teknologi yang pesat, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi, teknologi menjadi penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa dan mencapai hasil yang maksimal. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang semakin canggih, kita dapat meningkatkan daya tarik dan juga belajar siswa untuk mencapai hasil yang lebih memuaskan. Saat ini media banyak dikembangkan, salah satunya melalui modul online. Modul online sangat berguna untuk pembelajaran jarak jauh karena siswa dapat mengakses modul ini kapan saja, di mana saja tanpa batasan lokasi atau waktu. Salah satu bentuk modul online yang cukup menarik yaitu modul berupa flipbook. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba untuk mengatasi suatu permasalahan yang terdapat di SMK Negeri 10 Surabaya. Melalui pengalaman peneliti selama melakukan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Unesa di salah satu sekolah menengah kejuruan di Surabaya yaitu SMK Negeri 10 Surabaya, peneliti melihat dan merasakan secara langsung bagaimana proses pembelajaran konvensional di kelas berlangsung. Para peserta didik hanya dapat mendengarkan materi pembelajaran yang diberikan oleh guru dengan metode ceramah dan sesekali guru menggunakan media pembelajaran berbasis powerpoint yang terkesan biasa saja dan membosankan bagi siswa.
Dengan demikian peneliti mencoba untuk mewawancarai salah satu guru terkait mata pelajaran Teknik Pengolahan Audio Video di SMK Negeri 10 Surabaya, peneliti menyimpulkan bahwa peserta didik kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran dan kurang timbul daya tarik dari siswa dalam mengikuti mata pelajaran Teknik Pengolahan Audio Video. Beliau mengatakan bahwa diperlukan sebuah inovasi yang dapat meningkatkan produktivitas peserta didik dan efisiensi dari pembelajaran itu sendiri. Kemudian beliau juga mengatakan bahwa sekolah terkendala fasilitas yang masih kurang memadai seperti tidak semua siswa memiliki laptop, dan juga kurangnya LCD untuk pembelajaran dikelas sehingga sulit bagi siswa untuk mengikuti pembelajarannya dengan baik. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa diharapkan modul online flipbook berbasis moodle ini dapat membantu mengatasi permasalahan yang ada serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Presentase hasil validasi yang didapat masing - masing terdiri atas Validasi RPP yaitu 93%, Validasi Soal yaitu 93%, Validasi Media yaitu 89,78%, dan Validasi Materi yaitu 92%. Hasil perhitungan normalitas pada kelas eksperimen mencapai 0,948 dan kelas kontrol mencapai 0,203, kemudian untuk hasil perhitungan homogenitas mencapai nilai 0,270, serta pada hasil perhitungan uji hipotesis Independent Sample T-Test mencakup nilai 0,017. Sehingga disimpulkan H1 yang berbunyi terdapat perbedaan pada hasil peserta didik setelah penggunaan Moodle adalah diterima.
In an era of rapid technological development, especially in the field of information and communication technology, technology has become important to improve the quality of student learning and achieve maximum results. By utilizing increasingly sophisticated technological advances, we can increase students' interest and learning to achieve more satisfying results. Currently, many media are being developed, one of which is through online modules. Online modules are very useful for distance learning because students can access these modules anytime, anywhere without location or time restrictions. One form of online module that is quite interesting is a flipbook module. Based on this, researchers tried to overcome a problem that existed at SMK Negeri 10 Surabaya. Through the researcher's experience during the Unesa Field Introduction to Schooling (PLP) at one of the vocational high schools in Surabaya, namely SMK Negeri 10 Surabaya, the researcher saw and experienced firsthand how the conventional learning process in the classroom took place. Students can only listen to learning material provided by teachers using the lecture method and occasionally teachers use PowerPoint-based learning media which seems ordinary and boring for students.
Thus, the researcher tried to interview one of the teachers regarding the Audio Video Processing Techniques subject at SMK Negeri 10 Surabaya. The researcher concluded that the students were less enthusiastic about participating in learning and there was less interest among students in taking the Audio Video Processing Techniques subject. He said that innovation was needed that could increase student productivity and the efficiency of learning itself. Then he also said that the school was hampered by inadequate facilities, such as not all students having laptops, and also a lack of LCDs for classroom learning, making it difficult for students to follow their lessons well. Therefore, the researchers concluded that it is hoped that this Moodle-based online flipbook module can help overcome existing problems and improve student learning achievement. The percentage of validation results obtained each consisted of RPP Validation, namely 93%, Question Validation, namely 93%, Media Validation, namely 89.78%, and Material Validation, namely 92%. The normality calculation results in the experimental class reached 0.948 and the control class reached 0.203, then the homogeneity calculation results reached a value of 0.270, and the Independent Sample T-Test hypothesis test calculation results included a value of 0.017. So it can be concluded that H1 which states that there is a difference in student results after using Moodle is accepted.