ANALISIS MAKNA VISUAL PADA POSTER FILM BUMI MANUSIA
VISUAL MEANING ANALYSIS OF BUMI MANUSIA MOVIE POSTER
Poster film memiliki peranan penting dalam mempromosikan film. Selain sebagai identitas film, poster film juga mengandung banyak informasi yang dapat ditampilkan melalui warna, ilustrasi, maupun tipografi. Seperti halnya dengan film Bumi Manusia karya Hanung Bramantyo yang dominan menggunakan internet marketing yaitu dengan mengunggah teaser dan poster film ke Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis berbagai makna tanda yang tersirat dalam poster film Bumi Manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode analisis data menggunakan empat tahapan tinjauan desain yaitu deskriptif, analisis formal, interpretasi, dan evaluasi. Pada tahap interpretasi menggunakan teori semiotika Charles Sanders Pierce. Hasil dari penelitian ditemukan berbagai tanda yang memiliki keselarasan antara satu sama lain sehingga mendukung tersampainya pesan yang ingin disampaikan dalam poster film.Dapat disimpulkan bahwa visualisasi ilustrasi utama, visual pendukung, warna, serta tipografi yang ditampilkan pada visual poster Bumi Manusia memberikan gambaran tersirat mengenai sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada masa penjajahan awal abad ke-20 antara orang pribumi dengan kolonialisme Belanda.
Kata Kunci: Semiotika, Charles Sanders Peirce, Poster Film
Movie posters have an important role in promoting movies. Apart from being the identity of the movie itself, movie posters also contain a lot of information that can be displayed through colors, images, illustrations and typography. As is the case with the Bumi Manusia movie by the famous director Hanung Bramantyo, which predominantly uses internet marketing, by uploading teasers and film posters to Instagram social media. The purpose of this study was to examine the various meanings of signs implied in the poster for the Bumi Manusia movie. This study uses qualitative research methods and uses the theoretical basis of Charles Sanders Peirce's Semiotics which includes icons, indexes, and symbols in the interpretation process. The results of the study found various signs that have attachments and connectedness that are in harmony with each other so as to support the delivery of the message displayed in the film poster. It can be concluded that the visualization of the main illustrations, supporting visuals, colors, and typography displayed on the visuals of the Bumi Manusia poster provides an implicit picture of the history of the struggle of the Indonesian people during the colonial period of the early 20th century between pribumi people and the Dutch descent.
Keywords: Semiotics, Charles Sanders Peirce, Movie Poster