Studi Deskriptif Pembelajaran Alquran Braille Pada Siswa Tunanetra Di SLB A YPAB Tegalsari Kota Surabaya
Descriptive Study Of Braille Quran Learning For Blind Students At SLB A YPAB Tegalsari Surabaya City
Pembelajaran Alquran braille bagi siswa tunanetra pada jenjang sekolah dasar diberikan sebagai bekal dalam membaca Alquran dengan baik dan benar serta dapat menguatkan kemampuan membaca Alquran braille ketika dewasa Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran Alquran braille Medote penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus Pengumpulan data menggunakan wawancara medalam kepada guru agama guru Alquran braille siswa tunanetra kepala sekolah dan guru umum observasi kegiatan pembelajaran dan dokumentasi Teknis keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data Teknik analisis data menggunakan teknik Miles Huberman dan Saldana Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran Alquran braille bermanfaat pada siswa tunanetra Media pembelajaran berupa buku panduan cepat membaca Alquran braille dengan menggunakan talaqqi serta menekankan pendekatan korelatif braille abjad dan braille arab dan evaluasi pembelajaran berupa ujian membaca Alquran Braille yang tersusun sesuai materi yang diajarkan Diharapkan dalam pembelajaran Alquran braille menggunakan buku panduan cepat membaca Alquran braille tersebut
Learning the braille Alquran for blind students at the elementary school level is provided as a provision to read the Alquran properly and correctly and can strengthen the ability to read the braille Alquran when they are adults The purpose of this research is to describe learning braille Alquran The research method used is a qualitative research method with a case study approach Data collection used in depth interviews with religious teachers braille quran teachers blind students school principals and general teachers observation of learning activities and documentation Technical data validity is done by data triangulation technique The data analysis technique uses the Miles Huberman and Saldana techniques The results of this study show that learning braille Alquran is beneficial for blind students The learning media is in the form of a fast guidebook for reading the braille Alquran using talaqqi and emphasizing the correlative approach of alphabetical braille and arabic braille and learning evaluation in the form of a braille Alquran reading test which is arranged according to the material being taught It is hoped that in learning the braille Alquran using the quick guide to reading the braille Alquran