The Effect of Using Ethnomatics-Based Typical Alor Woven Sarong Media on the Ability to Recognize Geometric Shapes and Additions in Early Age Group B DUYUN PAUD Alor Regency
Judul penelitian tesis ini adalah Pengaruh Pemanfaatan Media Sarung Tenun Khas Alor Berbasis Etnomatika Terhadap Kemampuan Mengenal bentuk geometri dan penjumlahan pada anak usia dini kelompokn B PAUD DUYUN Kabupaten Alor. Tujuan Penelitian tesis adalah untu mengetahui pengaruh media sarung tenun khas alor berbasis etnomatika terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri dan penjumlahan Anak Usia Dini kelompok B PAUD DUYUN Kabupaten Alor, untuk mengetahu pengaruh media sarung tenun khas alor berbasis etnomatika terhadap kemampuan mengenal penjumlahan anak usia dini kelompok B PAUD DUYUN Kabupaten Alor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitaf jenis penelitian quasi experiment. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah Observasi, Wawancara dan Tes. Instrument yang digunakan adalah instrumen nontes dan instrument tes.
Hasil dari penelitian pengaruh pemanfaatan media sarung tenun khas alor berbasis etnomatika terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri dan penjumlahan Anak Usia Dini Kelompok B PAUD Duyun Kab. alor menunjukan bahwa penggunaan media ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan mengenal geometri dan penjumlahan angka sederhana pada Anak Usia Dini. Peningkatan pada nilai posttes anak menjadi sorotan baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. pada kelas kontrol juga terjadi peningkatan hasil pembelajaran namun tidak sebesar pada kelas eksperimen. Kesimpulan dari peneliti ini adalah Penggunaan media sarung tenun khas Alor memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri. hal ini terlihat dari hasil uji independen sample tes yang menunjukan 0.05 yakni 0.008. Selain itu nilai t hitung menunjukkan lebih besar dari t tabel yakni 3.699 > 2.086. 2). Penggunaan media sarung tenun khas Alor memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kemampuan konsep penjumlahan anak. Hal ini terlihat dari hasil uji independent sample t-test yang menunjukkan nilai Sig. (2-Tailed) < 0.05 yakni 0.001. Selain itu nilai t hitung menunjukkan lebih besar dari t tabel yakni 3.699 > 2.938.
The title of this thesis research is The Effect of Using Ethnomatics-Based Typical Alor Woven Sarong Media on the Ability to Recognize Geometric Shapes and Additions in Early Age Group B PAUD DUYUN Alor Regency. The aim of the thesis research is to determine the influence of ethnomatics-based typical Alor woven sarong media on the ability to recognize geometric shapes and additions of group B PAUD DUYUN PAUD Alor Regency, to determine the influence of ethnomatics-based typical Alor woven sarong media on the ability to recognize additions of group B early age children DUYUN PAUD Alor Regency. The method used in this research is quantitative research, a type of quasi-experimental research. The data collection techniques used by researchers are observation, interviews and tests. The instruments used are non-test instruments and test instruments.The results of research on the influence of the use of ethnomatics-based typical Alor woven sarong media on the ability to recognize geometric shapes and additions in early childhood group B PAUD Duyun Kab. alor shows that the use of this media greatly influences the ability to recognize geometry and add simple numbers in early childhood. The increase in children's posttest scores was highlighted in both the control and experimental classes. In the control class there was also an increase in learning outcomes but not as big as in the experimental class. The conclusion of this researcher is that the use of typical Alor woven sarong media has a very significant influence on the ability to recognize geometric shapes. This can be seen from the results of the independent test sample test which shows 0.05, namely 0.008. Apart from that, the calculated t value shows that it is greater than the t table, namely 3,699 > 2,086. 2). The use of Alor's typical woven sarong media has a very significant influence on children's ability to add concepts. This can be seen from the results of the independent sample t-test which shows the Sig value. (2-Tailed) < 0.05, namely 0.001. Apart from that, the calculated t value shows that it is greater than the t table, namely 3,699 > 2,938.