Implementasi Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Krian
Implementation of Learning Management During the Covid-19 Pandemic at SMA Negeri 1 Krian
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses implementasi manajemen pembelajaran pada masa pandemi covid-19 yang dalam era globalisasi dan revolusi saat ini menuntut sekolah untuk melakukan sebuah inovasi dalam pembelajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini yakni Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan Guru Mata Pelajaran di SMA Negeri 1 Krian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik, membercheck, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut,perencanaan yang dilakuakn pada masa pandemi covid adalah dengan mengembangkan sebuah web e-learning bernama moodle dan juga menyediakan 7 studio khusus dalam kelas yang membantu jalannya proses pembelajaran jarak jauh. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode konferensi video, penugasan tertulis dan praktek. Aplikasi utama yang digunakan adalah moodle, microsoft teams dan whatsapp. Tahapan yang dilakukan yakni kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Dan evaluasi pembelajaran meliputi 2 penilaian yaitu aspek pengetahuan dan keterampilan. Aspek pengetahuan diambil dari tugas, latihan soal dan diskusi tanya jawab, sedangkapn keterampilan diambil dari proyek dan praktikum sederhana.
Kata Kunci :Manajemen Pembelajaran, Pandemi Covid-19
This study aims to describe and analyze the implementation process of learning management during the Covid-19 pandemic, which in the current era of globalization and revolution requires schools to make an innovation in learning. This research uses a qualitative approach with the case study method. The subjects of this study were the Principal, Deputy Curriculum and Subject Teachers at SMA Negeri 1 Krian. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Checking the validity of the data includes the credibility test with triangulation of sources and techniques, member check, transferability test, dependability test, and confirmability test.
The results of the study are as follows, the planning that was carried out during the Covid pandemic was to develop an e-learning web called Moodle and also provide 7 special studios in the classroom that help run the distance learning process. The learning implementation uses the video conferencing method, written assignments and practices. The main applications used are Moodle, Microsoft Teams and WhatsApp. The stages carried out are preliminary, core and closing activities. And learning evaluation includes 2 assessments, namely aspects of knowledge and skills. The knowledge aspect is taken from assignments, practice questions and question and answer discussions, while skills are taken from projects and simple practicum.
Keywords: learning management, covid-19 pandemic