ABSTRAK
Kismawardani, Arum . 202 2. Pengembangan Perangkat
Pembelajaran IPA Berbasis Science Technology Engineering Art And Mathematics (STEAM) Materi Pencemaran Lingkungan u ntuk Meningkatkan Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa . Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Sains,
Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: ( I) Prof. Dr. Tukiran M.Si. dan (II) Dr. Eko Hariyono, M.Pd.
Kata Kunci : Perangkat
Pembelajaran IPA, STEAM, Kemampuan Berpikir Kritis.
Penelitian
ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis
STEAM materi pencemaran lingkungan untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa . Produk
p erangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi
Silabus, RPP, Instrumen Penilaian, (Materi
Ajar) Handout , dan LKS .
Model pengembangan perangkat yang
digunakan yakni model 4 D . Te k nik
p engumpulan data dilakukan melalui validasi, observasi,
tes kemampuan berpikir
kritis , dan angket. Data hasil penelitian dianalisis
secara deskriptif kuantitatif. Hasil
penelitian yang didapatkan menunjukkan: (1)
Validitas perangkat pembelajaran mendapatkan skor modus 4
dengan kategori sangat valid ,
(2) Kepraktisan perangkat
pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan kategori
sangat baik dengan skor modus 4 pada masing-masing kelas yakni kelas
VIIA; VIIB;
dan VIIC . A ktivitas
siswa masuk
kategori sangat aktif pada masing-masing kelas ,
serta kendala yang dihadapi ketika proses pembelajaran dapat
diselesaikan dengan baik , dan
(3) Keefektifan pembelajaran ditinjau dari hasil tes kemampuan
berpikir
kritis siswa kelas
VIIA, VIIB, dan VIIC dengan score n- gain masing-masing mendapatkan skor
peningkatan sebesar 0,67 ; 0,73 ;
dan 0,71. U ji normalitas kelas
VII A; VIIB dan VII C didapatkan hasil sama,
dengan nilai sig .
< 0,05 dan
uji non parametrik wilcoxon pada
masing-masing kelas didapatkan nilai sig.<0,0 0.
Berdasarkan hasil uji statistik yang
dilakukan, menunjukkan peningkatan kemampuan
berpikir kritis siswa . Respon siswa
kelas VIIA; VIIB, dan VIIA terhadap pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis
STEAM pada materi pencemaran lingkungan dengan
persentase masing-masing sebesar
89% ; 90%,
dan 88% dengan
kategori sangat menarik. Melihat
hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dapat
disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA
berbasis STEAM layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis siswa kelas VII .