Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik pada Mata Pelajaran Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video di SMKN 1 Jiwan
Development of Electronic Student Worksheets in Planning and Education Subjects Audio Video System Installation at SMKN 1 Jiwan
Sistem penyelenggaraan pendidikan di Indonesia semakin berkembang seiring berjalannya waktu.
Perkembangan tersebut pada akhirnya akan mendorong terjadinya perubahan di segala aspek pendidikan,
mulai dari muatan materi, kurikulum, SDM pengajar, hingga sumber belajar yang digunakan. Salah satu
bentuk perkembangan yang dimaksud adalah digunakannya lembar kerja peserta didik dalam bentuk
elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik
(LKPDE) mata pelajaran Perencanaan Instalasi Sistem Audio dan Video dengan menggunakan metode
ADDIE. Pengembangan dengan metode ADDIE memiliki lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Develop,
Implement, dan Evaluate. Sasaran pengembangan adalah Guru dan Peserta didik Kelas XI-TAV SMKN 1
Jiwan yang diketahui menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan sumber belajar yang
kurang memadai. LKPDE yang dikembangkan berfokus pada empat materi dalam jurusan Teknik Audio
Video, yaitu Gelombang Suara, Psikoakustik Telinga Manusia, Mikrofon, dan Pre-amplifier. Dari hasil
penelitian, diketahui bahwa produk LKPDE mata pelajaran Perencanaan Instalasi Sistem Audio dan Video
tergolong layak untuk digunakan. Kelayakan tersebut didasarkan pada skor validasi dari para ahli yang
diterima adalah sebesar 49,33. Skor ini berada pada rentang nilai A yaitu X ≥ 45 yang memiliki interpretasi
Sangat Tinggi. Selain itu, kelayakan produk juga didasarkan pada skor kepraktisan dari respons Guru dan
peserta didik yang masing-masing sebesar 51 dan 48,6. Kedua skor tersebut sama-sama memiliki
interpretasi kepraktisan Sangat Tinggi.
Kata kunci: LKPDE, kevalidan, kepraktisan.
The education system in Indonesia is growing over time. These developments will ultimately encourage
changes in all aspects of education, starting from the content of the material, curriculum, teaching human
resources, to the learning resources used. One form of development in question is the use of student
worksheets in electronic form. This study aims to develop Lembar Kerja Peserta Didik Elekronik (LKPDE)
subjects of Audio and Video System Installation Planning using the ADDIE method. Development using the
ADDIE method has five stages, namely analysis, design, develop, implement, and evaluate. The
development targets are teachers and students of Class XI-TAV SMKN 1 Jiwan who are known to use
conventional learning methods with inadequate learning resources. The LKPDE developed focuses on four
materials in the Audio Video Engineering department, namely Sound Waves, Human Ear Psychoacoustics,
Microphones, and Pre-amplifiers. From the research results, it is known that the LKPDE product in the
subject of Audio and Video System Installation Planning is considered feasible to use. The eligibility is
based on the validation score and the experts accepted are 49.33 This score is in the range of A value,
namely X ≥ 45 which has a Very High interpretation. In addition, the feasibility of the product is also based
on the practicality score of the teacher and student responses which are 51 and 48.6, respectively. Both
scores have a Very High practical interpretation.
Key words: LKPDE validity, practicality