ABSTRAK
Kondisi ideal berdasarkan tujuan pembelajaran
RPP, (1) peserta didik dapat menjelaskan persamaan dasar akuntansi dengan baik
(2) peserta didik dapat merumuskan dan menganalisis pengaruh transkasi
ke persamaan dasar akuntansi dengan benar. Sedangkan
kondisi riil yang terjadi adalah peserta didik memiliki pemahaman yang kurang,
hal ini dikarenakan kurangnya waktu belajar di kelas dan bahan ajar yang
digunakan yaitu buku pinjaman sekolah yang sifatnya terbatas, sehingga
diperlukan media untuk pembelajaran yang lebih fleksibel.
Tujuan penelitian ini adalah
(1) Mengetahui
kelayakan media e-modul dalam pembelajaran (2) Mengetahui keefektifan media
e-modul dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE
(Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation ) dengan
instrumen berupa (1) wawancara untuk ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan
ahli media (2) angket peserta didik yang bertujuan untuk mengukur kelayakan
media e-modul dan (3) pre-test post-test dengan uji t untuk mengukur
tingkat keefektifan media e-modul.
Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli
desain pembelajaran, dan ahli media serta serangkaian uji coba kepada peserta
didik, media e-modul dalam kategori sangat baik sehingga layak digunakan dalam
pembelajaran. Hasil penghitungan pada uji t menunjukkan bahwa t hitung lebih
besar daripada t tabel yaitu 17,453 >
2,015, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata hasil belajar
peserta didik pada materi persamaan dasar akuntansi dengan menggunakan media
e-modul yang efektif untuk digunakana dalam pembelajaran.
Kata kunci : Pengembangan, E-Modul, Persamaan
Dasar Akuntansi