SURVEI TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI SDN BANYUANYAR 1 SAMPANG
SURVEY OF STUDENTS' DISCIPLINE LEVEL IN PJOK LEARNING AT SDN BANYUANYAR 1 SAMPANG
Kedisiplinan merupakan hal mentaati tata tertib disegala aspek kehidupan, baik agama, budaya, pergaulan, sekolah dan lain-lain. Dalam pembelajaran PJOK terdapat juga nilai-nilai kedisiplinan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PJOK di SDN Banyuanyar 1 Sampang. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 142 siswa yang terdiri dari kelas IV A dan IV B sebanyak 58 siswa, kelas V sebanyak 35 siswa, serta kelas VI A dan VI B sebanyak 49.
Dalam penelitian ini telah dilakukan uji analisis data untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa SDN Banyuanyar 1 Sampang. Dari hasil yang didapatkan dalam penelitian yang telah dilakukan yaitu, tingkat kedisiplinan siswa SDN Banyuanyar 1 Sampang rata-rata 61,9 yang termasuk dalam kategori baik dengan rincian pada kelas IV A rata-rata nilai 61,6 yang termasuk dalam kategori baik, pada kelas IV B rata-rata nilai 61,6 yang termasuk dalam kategori baik, pada kelas V rata-rata nilai 63,7 yang termasuk dalam kategori baik, pada kelas VI A rata-rata nilai 61,2 yang termasuk dalam kategori baik dengan, dan pada kelas VI B rata-rata nilai 60,9 yang termasuk dalam kategori cukup. Sehingga dapat disimpulkan tingkat kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PJOK di SDN Banyuanyar 1 Sampang termasuk dalam kategori baik.
Kata Kunci : Kedisiplinan, Pembelajaran PJOK
Discipline is a matter of obeying rules and regulations in all aspects of life, whether religious, cultural, social, school and so on. In PJOK learning there are also disciplinary values that can be applied in everyday life. The aim of this research is to determine the level of student discipline in learning PJOK at SDN Banyuanyar 1 Sampang. This research uses a quantitative approach and this type of research is descriptive research. The sample in this study amounted to 142 students consisting of 58 students in class IV A and IV B, 35 class V students, and 49 class VI A and VI B students.
In this research, data analysis tests have been carried out to determine the level of discipline of students at SDN Banyuanyar 1 Sampang. From the results obtained in the research that has been carried out, the level of discipline of students at SDN Banyuanyar 1 Sampang averages 61.9 which is included in the good category with details in class IV A with an average score of 61.6 which is included in the good category, in class IV B average score is 61.6 which is included in the good category, in class V the average score is 63.7 which is included in the good category, in class VI A the average score is 61.2 which is included in the good category with, and in class VI B the average score was 60.9 which was included in the sufficient category. So it can be concluded that the level of student discipline in learning PJOK at SDN Banyuanyar 1 Sampang is included in the good category.
Keywords : Discipline, PJOK Learning