Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak dengan menggunakan model ADI Argument Driven Inquiry untuk meningkatkan self efficacy dan hasil belajar siswa. Spesifikasi produk dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, LKS, Angket, dan Instrumen Tes. Model pengembangan yang digunakan yakni model 4D dari Thiagarajan yang terdiri atas pendefinisian define, perancangan design, pengembangan develop, dan penyebaran disseminate. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi, observasi, tes, dan angket dengan menggunakan 1 kelas kontrol dan 3 kelas penelitian. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan 1 validitas perangkat pembelajaran dengan modus 4 berkategori sangat valid, 2 kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan skor rata-rata dengan kategori baik dan sangat baik, serta ditinjau dari aktivitas siswa dengan rata-rata aktivitas siswa sebesar 3,36 dan 3,37 3 keefektifan perangkat pembelajaran dengan kriteria peningkatan sedang dan tinggi, serta respon siswa mendapatkan persentase respon sangat kuat. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ADI layak digunakan untuk meningkatkan self efficacy dan hasil belajar siswa.
The purpose of this research was aimed to produce the teaching material with Argument Driven Inquiry model to improve self efficacy and student learning outcomes. The specifications product of teaching material which was developed include lesson plan, Student Activity Sheet, questionnaire, and test. This research used 4D model from Thiagarajan which consists of define, design, develop, and disseminate. The data were collected through validation, observation, test, and questionnaire by using 1 control class and 2 exsperiment class. Data of the research were analyzed descriptively quantitative and qualitative. Result of the research showed that 1 the validity of teaching material showed the modus of the result was very valid, 2 practicality of teaching material in terms of the implementation of learning get an average score with good and very good categories, and in terms of student activities with an average student activity of 3.36 and 3,37 3 effectiveness of learning devices with planning for improvement and improvement, and responses students get percentage response is very strong. It can be concluded that the teaching material with ADI model is feasible to be used to improve self efficacy and student learning outcomes.