PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF CERIA (MIC) PEMBELAJARAN PPKn MATERI LAMBANG NEGARA di KELAS III
DEVELOPMENT MULTIMEDIA INTERACTIVE OF CERIA (MIC) LEARNING PPKn NATIONAL EMBLEM MATERIAL IN CLASS III
Pelaksanaan penelitian bertujuan untuk mengetahui proses dan kevalidan dari pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) menyesuaikan tujuan serta karakteristik pembelajaran PPKn materi Lambang Negara kelas III di SD Negeri Sumur Welut 1/438 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode/model ASSURE (Analyze; State; Select; Utilize; Require; Evaluate and revise) dari enam tahapan ini terdapat satu tahapan yang tidak dilakukan yaitu Require (Melibatkan partisipasi siswa) dengan alasan dalam masa pandemi Covid-19 pembelajaran yang berlangsung menjadi tidak efektif. Jenis data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan skala Linkert untuk mengukur kevalidan RPP, materi, dan media. Uji validasi dilakukan oleh tiga ahli berikut hasil dari ahli desain pembelajaran (RPP) untuk uji kevalidan mendapatkan 87,5%, ahli materi untuk uji kevalidan mendapatkan 90% dan ahli media untuk uji kevalidan mendapatkan 85,4%. Berdasarkan hasil uji kevalidan yang didapat masuk ke dalam kriteria “sangat baik” sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) materi Lambang Negara “Garuda Pancasila” untuk kelas III di SD Negeri Sumur Welut 1/438 Surabaya telah valid dan dapat digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif Ceria (MIC), Lambang Negara “Garuda Pancasila"
The implementation of the research aims to know the process and validity of the development of Multimedia Interaktif Ceria (MIC) adjusting the purpose and characteristics of learning PPKn Material Emblem Of State class III at SD Negeri Sumur Welut 1/438 Surabaya. The research method used is assure method /model (Analyze; State; Select; Utilize; Require; Evaluate and revise) of these six stages there is one stage that is not done, namely Require (Involving student participation) on the grounds that during the Covid-19 pandemic the learning that took place became ineffective. Types of research data in the form of qualitative and quantitative data obtained from observations, interviews and questionnaires. Data analysis techniques use linkert scales to measure the validity of RPP, materials, and media. Validation tests were conducted by three experts following the results of the learning design expert (RPP) for the validity test got 87.5%, the material expert for the validity test got 90% and the media expert for the validity test got 85.4%. Based on the results of the validity test obtained into the criteria "very good" so that it can be concluded that the development of Multimedia Interactive Cheerful (MIC) material Emblem of the State "Garuda Pancasila" for class III at SD Negeri Sumur Welut 1/438 Surabaya has been valid and can be used in the process of learning activities.
Keywords: Development, Multimedia Interaktif Ceria (MIC), National Emblem “Garuda Pancasila"