Penelitian ini bertujuan menghasilkan Video 3D Hologram Materi Pokok Hewan Disekitarku Untuk Peserta Didik Kelas IV Tunarungu di SLB Tunas Kasih Surabaya. Media Video 3D Hologram tersebut untuk meningkatkan kemampuan peserta didik tunarungu pada materi hewan disekitarku. Hal ini didasarkan pada latar belakang penelitian yaitu anak tunarungu di SLB Tunas Kasih Surabaya memiliki kesulitan belajar dalam mengenal hewan sekitar, sehingga terjadi rendahnya hasil belajar peserta didik. Untuk itu diperlukannya pemecahan masalah dengan menggunakan Video 3D Hologram yang memiliki keunikan dari segi visualnya yaitu video yang di tampilkan terlihat secara nyata dengan memanfaatkan efek 3 dimensi yang memiliki efek untuk meningkatkan minat belajar peserta didik tunarungu dalam pembelajaran.
Dengan menggunakan metode ADDIE yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluation pada pelaksanaan pembuatan media tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian non-parametrrik. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah subjek ahli yaitu ahli materi, ahli media, ahli desain pembelajaran serta subjek peserta didik tunarungu kelas IV yang berjumlah 6 anak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket terbuka, expert judgement dan tes. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan rumus P yang digunakan untuk mengukur presentase angket kemudian untuk tes menggunakan expert judgement dan rumus wilcoxon match pairs test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, validasi kelayakan Video 3D Hologram memperoleh perhitungan angket ahli materi sebesar 81,81% dengan kriteria baik sekali; perhitungan angket ahli desain pembelajaran sebesar 100% dengan kriteria baik sekali; perhitungan angket ahli media untuk media adalah 90,90% dengan kriteria baik sekali. Data hasil uji coba media menggunakan uji coba perorangan kepada 2 peserta didik Tunarungu kelas III dan Kelas dengan hasil perhitungan angket adalah 87,5% dengan kriteria baik sekali. Data perolehan Wilcoxon Match Pairs Test dari pre test dan post test diperoleh sebesar Zhitung 2,20 > Ztabel 1,96, dengan taraf kesalahan 5%, sehingga ada perbedaan rata-rata hasil belajar. Kesimpulannya bahwa penggunaan Video 3D Hologram dapat meningkatkan hasil belajar anak tunagrahita ringan dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi kemampuan pengenalan hewan disekitarku untuk peserta didik tunarungu.
Kata Kunci: Pengembangan Video 3D Hologram, Peserta Didik Tunarungu
This study aims to produce 3D video hologram around me Topic Center For Deaf Students in Class IV SLB Love Tunas Surabaya. Media Video 3D Hologram to improve learners with hearing impairment in animal material around me. It is based on the background research that deaf children in SLB Tunas Kasih Surabaya with learning difficulties in identifying the animals around, resulting in poor learning outcomes of students. For that needed solving by using 3D video hologram which is unique in terms of its visual display that video on the visible utilizing 3 dimensional effect which has the effect to increase the interest of learners with hearing impairment in learning.
This development uses the ADDIE analyze, design, develop, implement, and evaluation on the implementation of the media manufacture. This type of research is the study of non-parametrrik. Subjects tested in this study are the subject matter experts are experts, media specialists, instructional design experts and the subject of learners with hearing impairment totaling fourth grade 6 children. Methods of data collection is done by open questionnaire, expert judgment and tests. While data collection techniques using the formula P used to measure the percentage of inquiry later for tests using expert judgment and match pairs formula Wilcoxon test.
The results showed that, validating the feasibility of 3D video hologram obtain material expert questionnaire calculation of 81.81% with good criteria once; instructional design expert questionnaire calculation of 100% with good criteria once; questionnaire calculations media expert for the media is 90.90% with good criteria once. Data media trial results using individual testing to 2 participantsDeaf students of class III and class with the calculation results of the questionnaire was 87.5% with good criteria once, Data acquisition Wilcoxon Match Pairs Test of pre-test and post-test is obtained byZhitung 2.20> Ztabel 1.96, with a standard error of 5%, so there are differences in average learning outcomes. The conclusion that the use of 3D video hologram can enhance children's learning outcomes mild mental retardation as compared to using conventional learning the material recognition abilities of animals around me for learners with hearing impairment,
Keywords: Development of 3D video hologram, Deaf Students.